KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Muspika Muara Badak Safari Ramadhan, BDI VICO Indonesia Bagi-Bagi Buku

Suasana buka puasa bersama di Masjid Darul Falah, Rabu (12/11) petang lalu
Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 14/11/03 04:06 WITA
Datangnya Bulan Suci Ramadhan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Muspika Muara Badak untuk mempererat tali silaturrahmi dengan warga masyarakat khususnya kaum muslimin dengan menggelar Safari Ramadhan di 9 desa yang tersebar di kecamatan tersebut.

Rangkaian Safari Ramadhan di Muara Badak ini berakhir Rabu (12/11) malam lalu bertempat di Masjid Darul Falah, Desa Persiapan Badak Mekar yang terletak di Jalan Poros Samarinda-Bontang.

Sebelumnya, Muspika Muara Badak telah melakukan kegiatan serupa di Masjid/Langgar yang telah ditentukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Muara Badak seperti Masjid Mathlaul Anwar, Desa Salo Palai (28/10), Masjid Al Muhajirin, Desa Tanjung Limau (29/10), Langgar Al Amin, Desa Suka Damai (30/10), Masjid Al Falah, Desa Saliki (03/11), Masjid AL Amin, Desa Tanah Datar (04/11), Masjid Baiturrahman, Desa Muara Badak Ulu (05/11), Masjid Nurul Yaqien, Desa Muara Badak Ilir (06/11) dan Masjid Jabal Rahmah, Desa Badak Baru (11/11).

Kegiatan Safari Ramadhan di 9 desa ini diikuti pula oleh para tokoh masyarakat Muara Badak, alim ulama, tokoh pemuda, kepala dinas/instansi, kelompok Pengajian dan Shalawatan serta pihak VICO Indonesia yang dikoordinir oleh External Relations & Community Development dan Badan Dakwah Islamiyah (BDI) VICO Indonesia selaku sponsor kegiatan ini.


Hasnan Rifani dari Departemen External VICO Indonesia ketika menyerahkan bantuan buku-buku Islami dari BDI VICO kepada pengurus Masjid Darul Falah
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Safari Ramadhan ini diawali dengan buka puasa bersama, Sholat Maghrib dilanjutkan Sholat Isya, ceramah agama dan diakhiri dengan sholat tarawih. Pada kesempatan tersebut, pihak BDI VICO Indonesia menyerahkan bantuan berupa buku-buku bacaan Islami.

Menurut Ketua I BDI Vico Indonesia, M Chairil, tujuan pemberian bantuan dalam bentuk buku ini adalah untuk menghidupkan perpustakaan Masjid/Langgar, selain itu sebagai bahan pembelajaran untuk menambah pengetahuan dan wawasan para para jamaah.

Buku-buku yang disumbangkan tersebut diantaranya buku Riyadush Sholihin Jilid 1-2, Meniti Jalan Menuju Surga karya Imam Gazali, Aliran & Faham Sesat di Indonesia dan buku-buku lainnya yang jumlahnya mencapai 14 buah.

Berdasarkan pantauan di sejumlah Masjid/Langgar yang dikunjungi tim Safari ramadhan Kecamatan Muara Badak, seluruhnya tidak mempunyai perpustakaan. Koleksi bukunya hanya berkisar mengenai Khutbah Jum'at, itupun sudah usang, demikian pula halnya dengan koleksi Al-Quran sangat minim.

Beberapa Ta'mir Masjid yang yang diminta komentar perihal sumbangan dalam bentuk buku menilai bantuan yang diberikan oleh pihak BDI VICO Indonesia tersebut sangat bermanfaat karena bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk pencerahan ummat. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.