KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Peringati Ultah Kedua, YSSBKK Gelar Lomba dan Tari

KutaiKartanegara.com 13/06/03
Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang kedua, Yayasan Sanggar Seni Budaya Kutai Kartanegara (YSSBKK) menyelenggarakan berbagai kegiatan berupa lomba dan pagelaran seni adat Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Kegiatan yang dimulai sejak Senin (09/06) lalu dan berakhir esok (14/06) berlangsung di Rumah Besar -Jalan Ahmad Yani, Tenggarong- diisi dengan tiga macam lomba yakni Lomba Tarsul (seni membawakan syair/pantun keraton Kutai Kartanegara), Lomba Membuat Tambak Karang (beras warna-warni yang ditata membentuk sebuah gambar) dan Lomba Ketikai Lepas (anyaman daun kelapa yang jika ditarik kedua ujungnya akan terlepas).

Kegiatan akan ditutup dengan pagelaran seni berupa tarian adat Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura seperti Tari Topeng Kemindu dan Tari Kanjar Ganjur, kemudian sajian tarian rakyat Kutai yang terkenal yakni Tari Jepen serta tak ketinggalan persembahan berupa tarian rakyat suku Dayak yakni Tari Gantar dan Tari Burung Enggang.

Selain menggelar lomba dan pagelaran seni tari, YSSBKK juga menampilkan upacara adat Perkawinan bangsawan Kesultanan Kutai Kartanegara, upacara adat Belenggang dan Upacara Tasmiyah/Naik Ayun (upacara pemberian nama bayi yang baru dilahirkan). Kegiatan lainnya adalah berupa sajian aneka cita rasa masakan khas Kutai yang berlangsung pada hari ini.

Yayasan Sanggar Seni Budaya Kutai Kartanegara yang diketuai oleh H Aji Raden Hario Kesumo Poeger ini merupakan kelanjutan dari lembaga kesenian yang telah berdiri sebelumnya yakni Persatuan Seni Kutai dan Ratu Kesuma. Persatuan Seni Kutai didirikan para tahun 1955 oleh mendiang Adji Pangeran Hario Kesumo Poeger (putra Sultan Adji Mohd Parikesit) bersama-sama HAP Ario Jaya Winata, AB Hasan Basrie dan para seniman keraton lainnya.

Setelah Persatuan Seni Kutai sempat vakum sepeninggal para pendirinya, kegiatan pelestarian kesenian keraton dilanjutkan oleh Ratu Kesuma yakni paguyuban keluarga keturunan Adji Pangeran Ratoe yang merupakan seorang pemerhati seni budaya Kutai.

Ketika wacana revitalisasi Kesultanan Kutai Kartanegara dihembuskan oleh Bupati Kutai Kartanegara H Syaukani HR pada tahun 2000, para seniman yang terhimpun dalam Ratu Kesuma kemudian mereformasi keberadaannya dengan membentuk Yayasan Sanggar Seni Budaya Kutai Kartanegara (YSSBKK) pada tanggal 16 Juni 2001 dengan tujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya Kesultanan Kutai Kartanegara secara lebih profesional. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001-2003 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.