KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Para Pengusaha Dukung Erau 2003

KutaiKartanegara.com 09/08/03 22:17 WITA
Pesta Adat Erau 2003 dan Festival Tari Jepen Internasional yang diselenggarakan Pemkab Kutai Kartanegara pada bulan September mendatang ternyata mendapat dukungan penuh dari beberapa perusahaan lokal, nasional dan multinasional yang siap memberikan sumbangan dana terhadap pelaksanaan event seni budaya yang sangat terkenal di Kalimantan Timur tersebut.

Dalam acara makan siang bersama Bupati Kukar yang dihadiri perwakilan dari 44 perusahaan yang berlangsung siang tadi di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, sedikitnya telah terhimpun dana sebesar Rp 1,490 miliar untuk mendukung pelaksanaan Erau 2003.

Dana partisipasi perusahaan yang beroperasi di Kukar tersebut dipastikan akan terus meningkat karena belum seluruh perusahaan yang hadir dapat memastikan berapa besaran dana yang akan disumbangkan.

"Kami akan koordinasikan ke pihak manajemen dahulu. Yang pasti kami akan berpartisipasi dan sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan ini dan dana untuk itu telah dianggarkan atau kami programkan," kata salah seorang wakil perusahaan migas yang beroperasi di wilayah Kecamatan Sanga-Sanga.

Beberapa wakil perusahaan yang hadir di Pendopo Odah Etam siang tadi diantaranya adalah dari Vico Indonesia, Unocal, TotalFinaElp E&P, PT Exspan Nusantara, PT Bukit Baiduri, PT Yuta Mitra Mandiri, PT Anugerah Bara Kaltim, PT Tanito Harum, PT Wijaya Karya, PT Karka dan masih banyak lagi.

Dana partisipasi dari perusahaan-perusahaan tersebut dalam minggu ini akan ditransfer ke rekening Ketua Umum Panitia Pagelaran Seni Rakyat Nusantara Festival Jepen Internasional Erau Kutai 2003 atas nama Drs HM Husni Thamrin MM pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda dengan nomor rekening 0082-01-006908.50.5.

Bupati Kukar H Syaukani HR dihadapan para pengusaha sebelumnya memaparkan program-program pembangunan yang tersusun dalam Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku), rencana pengembangan infrastruktur seperti bandara, water treatment, power plant dengan menggunakan energi batubara dan sarana telekomunikasi.

Dikatakan oleh Syaukani, selain memacu pembangunan di Kukar, pemkab juga sangat memperhatikan pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata seni dan budaya karena sektor pariwisata akan menjadi andalan Kukar jika suatu saat sumber daya alam di wilayah ini telah habis.

Syaukani juga menjelaskan pentingnya pelestarian budaya dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata dimana salah satunya adalah Pesta Adat Erau. 

"Program kita tahun ini cukup besar. Erau 2003 akan digelar bersamaan dengan Festival Tari Jepen Internasional yang rencananya aka diikuti oleh negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, juga akan ada Festival Lampion dari China," kata Syaukani.

Syaukani kemudian mengatakan bahwa tidak semua biaya penyelenggaraan Erau menggunakan APBD 2003 karena APBD digunakan untuk meningkatkan public service dan pembangunan infrastruktur masyarakat, untuk itu dukungan dan partisipasi serta kebersamaan para pengusaha yang beroperasi di wilayah Kukar sangat diharapkan.

Himbauan Bupati Syaukani HR ini ternyata bak gayung bersambut oleh para pengusaha yang hadir. Sebagian dari mereka kemudian langsung menyatakan siap menyumbangkan sejumlah dana dan bentuk-bentuk partisipasi lainnya kepada panitia Erau 2003. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.