KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Berbagai Kegiatan Siap Meriahkan Erau 2003

KutaiKartanegara.com 08/08/03 14:08 WITA
Berbagai mata acara dalam rangka memeriahkan Erau 2003 pada bulan September mendatang telah siap disajikan. Mulai upacara adat Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura, seni tari Kutai Melayu, Dayak, etnis nusantara, pementasan teater, pameran, olahraga tradisional hingga hiburan artis ibukota. Hal tersebut diungkap Misra Budiarto AX selaku Koordinator Seksi Acara Panitia Erau 2003 dalam rapat panitia yang berlangsung di Sekretariat Erau kemarin (07/08) siang.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua III Panitia Erau 2003 Drs H Basran Yunus, diterangkan bahwa ada lima program kegiatan utama dalam Erau tahun ini yakni Program Pembukaan, Program Erau, Program Zapin/Jepen International Festival, Program Nusantara Folkloric Arts Festival serta Program Penunjang dan Hiburan Rakyat.

Misra menjelaskan bahwa Program Erau sebagai inti acara terdiri dari upacara adat Erau Kutai Kartanegara, kesenian dan budaya keraton Kutai Kartanegara, upacara ziarah ke makam Aji Imbut, prosesi Mengulur Naga dan Belimbur.

Sementara itu, Program Jepen International Festival 2003 akan diisi dengan Festival Pertunjukan Tari Jepen Internasional, Festival Jepen Tradisi Kutai Kartanegara, Festival Tingkilan Tradisi Kutai Kartanegara dan Festival Tingkilan Modern.

Nusantara Folkloric Arts Festival terdiri dari Festival Kesenian Rakyat Nusantara, Festival Tari Kancet dan Datun, Festival Tari Belian dan Gantar, Festival Tari Hudoq, Festival Teater Tradisional (Mamanda), Festival Tarsul dan Bedandeng, Festival Olahraga Tradisional, Festival Kuda Kepang dan Reog dan Festival Tari Tradisional (Non Pedalaman).

Program Penunjang dan Hiburan Rakyat akan menyajikan hiburan artis-artis ibukota, kesenian etnis Kutai kartanegara, Festival Musik Rakyat, Karnaval Budaya, Festival Teater Modern serta Pameran Lukisan dan kerajinan.

Dikatakan Misra, kegiatan-kegiatan pada Erau 2003 akan disebar di beberapa tempat seperti Keraton Kutai Kartanegara, Rumah Besar, Gedung Puteri Karang Melenu, Gedung Serapo LPKK, Gedung Wanita, Pasar Seni, Pulau Kumala, termasuk Sungai Mahakam. Sedangkan upacara pembukaan pada 20 September mendatang akan berlangsung di Stadion Rondong Demang Tenggarong.

Menurut Misra Budiarto, upacara pembukaan ini akan dimeriahkan dengan sajian tari massal "Gilang Gemilang Kutai Kartanegara" garapan Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) yang akan didukung oleh 1.100 sukarelawan dan 500 sukarelawan konfigurasi serta 160 orang artis dan seniman LPKK untuk kolaborasi musik dan lagu.

"Untuk sajian tarian massal kali ini lebih menonjolkan pada unsur budaya Melayu, ini berkaitan dengan penyelenggaraan Festival Tari Zapin/Jepen Internasional yang digelar bersamaan dengan Erau 2003," kata Misra Budiarto yang juga Ketua LPKK ini. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.