KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Gilang Gemilang Kutai Kartanegara Libatkan Ribuan Sukarelawan


Suasana latihan tari massal sore tadi di Stadion Rondong Demang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 07/09/03 20:30 WITA
Dalam setiap pelaksanaan Erau, sajian tari massal garapan seniman-seniwati Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) merupakan salah satu daya tarik yang selalu ditunggu para undangan dan penonton yang datang menghadiri upacara pembukaan festival budaya tersebut. Tak ketinggalan pada pembukaan Erau tahun ini, LPKK telah menyiapkan sajian tari massal yang tak kalah menariknya dengan melibatkan sedikitnya 1.230 sukarelawan.

"Pada pembukaan Erau tanggal 20 September nanti, kami akan menyajikan tari massal berjudul Gilang Gemilang Kutai Kartanegara yang didukung oleh 1.230 sukarelawan," ujar Misra Budiarto AX selaku Pimpinan Produksi di sela-sela latihan tari massal yang berlangsung tadi sore di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

Menurut Misra, tari massal yang mengangkat budaya Kutai Melayu ini digarap oleh seniman dan koreografer nasional Tom Ibnur bersama para seniman LPKK Tenggarong. Diangkatnya kesenian Kutai Melayu dalam tari massal ini dikarenakan pada Erau tahun ini berbarengan dengan pelaksanaan Festival Jepen/Zapin Internasional.


Assisten Pelatih Supriyadi Arsyad ketika berkoordinasi dengan seluruh pelatih tari LPKK saat istirahat latihan
Photo: Agri

Untuk melatih ribuan sukarelawan ini, LPKK menurunkan tak kurang dari 50 orang pelatih yang secara telaten membimbing para penari yang merupakan para pelajar SMP dan SMU se-kota Tenggarong. Misra berharap dengan latihan keras yang dilakukan selama ini, para penari mampu menyajikan yang terbaik dalam upacara pembukaan yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI I Gede Ardika ini.

Misra menambahkan, selain sajian tari massal sebagai puncak acara, pembukaan Erau dan Festival Jepen Internasional ini juga akan dimeriahkan dengan sajian Simponi Tarsul dan Musik Tradisi Alternatif yang digarap seniman musik nasional Epi Martison. Kedua sajian ini masing-masing akan melibakan 60 orang seniman.

Sementara itu dalam latihan tari massal di Stadion Rondong Demang tadi sore, Supriadi Arsyad selaku Assisten Pelatih memuji banyaknya kemajuan yang dicapai para penari dalam tiga hari latihan di stadion tersebut. Dihadapan para penari usai latihan, ia mengharapkan agar selama 10 hari tersisa para penari dapat giat berlatih agar dapat tampil maksimal dalam upacara pembukaan nanti. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.