KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Penghijauan Waduk pada Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

KutaiKartanegara.com 06/06/03
Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kukar kemarin ditandai dengan pemberian penghargaan pengabdi, peduli dan kebersihan lingkungan serta penghijauan di areal Waduk Panji Sukarame Tenggarong.

Banyak pesan penting yang disampaikan oleh Bupati Kukar H Syaukani HR dan Kepala Bapedalda Kukar, Dra RR Rini Budi Sayekti. Dimana intinya semua komponen masyarakat diharapkan kepeduliannya, turut serta menjaga kelestarian alam sekitar.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun ini mengambil tema yakni Air, dua miliar penduduk kesulitan memperolehnya, itu sengaja dilaksanakan di Waduk Panji Sukarame. Maksudnya waduk merupakan aset wisata yang perlu diperhatikan, dikembangkan dan dilestarikan," ujar Rini.

Selain itu, Waduk Panji Sukarame juga berfungsi sebagai reservoar yang bisa menampung air. Untuk keperluan masyarakat sekitar di musim kemarau. Di lingkungan Waduk tersebut ada kelengkapan objek wisata lainnya, seperti Museum Kayu, Taman Anggrek dan Lamin yang menyimpan kerangka ikan paus.

"Kepada semua perusahaan besar yang melakukan operasionalnya di wilayah Kukar ini, supaya bisa menyisihkan sebagian penghasilan yang diperoleh untuk program community development. Nantinya akan dipergunakan demi pelestarian lingkungan hidup di sekitar lokasi perusahaan itu sendiri," ujarnya.

Begitu pula dengan pesan khusus yang disampaikan Syaukani, agar seluruh stakeholder di jajarannya, menyadari betapa pentingnya kerjasama melestarikan lingkungan, merehabilitasi kerusakan, mengendalikan pencemaran serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Juga pengembangan potensi sumberdaya hutan melalui ekowisata. "Sektor pariwisata di Kukar, akan semakin maju dengan adanya ekowisata, selain objek wisata yang sudah ada dan sedang dikembangkan saat ini," katanya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2003 kemarin dihadiri oleh beberapa pejabat seperti Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi BcHk MBA, Wakil Bupati Drs Samsuri Aspar MM, unsur Muspida Kukar. Termasuk juga beberapa perwakilan dari perusahaan tambang dan migas yang beroperasi di wilayah Kukar.

"Mengembangkan ekowisata perlu memperhatikan beberapa hal seperti daya tarik yang khas, unik dan berbeda serta mengedepankan intertainment. Selain itu, juga perlu disediakan fasilitas rekreasi nyaman. Sehingga pengunjung betah berada di kawasan wisata tersebut. Juga, perlu disediakan fasilitas berbelanja seperti kerajinan tangan, souvenir dan cinderamata khas daerah setempat," ucap Syaukani.

Langkah untuk menjaga kelestarian lingkungan, menurut bupati memerlukan kerjasama segenap komponen masyarakat. Mulai dari perencanaan, pengambilan keputusan, pengelolaan hingga monitoring dan evaluasi agar lingkungan tetap terjaga.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia kemudian diakhiri dengan penanaman pohon meranti secara simbolis oleh Bupati H Syaukani HR untuk kegiatan penghijauan Waduk Panji Sukarame diikuti oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati dan unsur Muspida yang hadir. (idn/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.