KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

PT Dirgantara Indonesia Siap Bantu Kukar

Jenis helikopter pinjaman Dephut untuk Pemkab Kukar
Photo: pelita-aircharter.com

KutaiKartanegara.com 04/02/03
PT Dirgantara Indonesia atau yang dulu dikenal dengan PT IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara) menyatakan siap membantu pemkab Kukar mencari solusi untuk membangun infrastruktur bagi pengembangan jasa transportasi udara di Kutai Kartanegara.

Demikian yang disampaikan pihak PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dalam presentasinya di Pendopo Odah Etam tadi malam (03/02) menanggapi rencana Bupati Syaukani untuk membangun sebuah bandara di wilayah Kukar. Solusi yang ditawarkan PTDI tersebut berupa studi kelayakan perencanaan bandara yang akan dibangun diantara kota Tenggarong dengan Samarinda tersebut.

Rombongan PTDI yang terdiri dari 5 orang tersebut datang ke kota Tenggarong selain untuk mempresentasikan prospek pengembangan jasa transportasi udara di Kaltim, juga dalam rangka mengantar sebuah pesawat helikopter produk PTDI yakni NBO-105 kepada pemkab Kukar. Status pesawat helikopter tersebut adalah milik Departemen Kehutanan RI yang dipinjamkan kepada pemkab Kukar untuk pemantauan hutan di daerah ini dan misi-misi lainnya seperti patroli, perjalanan dinas, survey dan lain sebagainya.

PTDI sendiri dipercaya pihak Pemkab Kukar untuk melakukan pengoperasian dan perawatan helikopter tersebut di Kukar sekaligus pelatihan mekanik yang bertugas dalam perawatan helikopter ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar atas kepercayaan yang diberikan kepada PT Dirgantara Indonesia untuk membawa helikopter ini ke Tenggarong sekaligus dalam perawatannya." demikian kata A. Toos Sanitioso mewakili Presiden PTDI yang saat ini sedang berada di Uni Emirat Arab.

Rencananya siang ini akan dilakukan serah terima pesawat helikopter tersebut secara resmi dari Dephut kepada Pemkab Kukar di Pulau Kumala Tenggarong.


Drs H Syaukani HR MM
Photo: Masrun E.

Pembangunan Bandara
Sementara itu Bupati Kukar H Syaukani HR dihadapan para wartawan seusai acara mengatakan bandara yang akan dibangun di Kukar adalah setingkat dibawah Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Syaukani mengatakan rencana pembangunan bandara di Kukar ini adalah untuk mendukung pengembangan kota Tenggarong sebagai kota pariwisata serta menanggapi rencana Pemkot Samarinda untuk membangun bandara di Sei Siring yang terletak antara Samarinda dengan Bontang.

"Maksud kami adalah bagaimana jika lokasi bandara baru tersebut dipindahkan dengan mengambil lokasi yang terletak antara Samarinda dengan Tenggarong." kata Syaukani.

Menurut Syaukani, jika bandara ini diletakkan antara Tenggarong dengan Samarinda, maka bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15 menit baik dari arah Tenggarong maupun Samarinda.

"Kita memiliki lokasi yang sangat strategis untuk pembangunan bandara ini. Apalagi lahan tersebut adalah milik negara, tentunya tak akan sulit dalam pembebasan lahan." tandas Syaukani.

Disinggung mengenai apakah sudah ada pembicaraan dengan pihak Pemkot Samarinda mengenai rencana ini, Syaukani menyatakan belum dan akan melakukan perundingan dengan pihak Samarinda dan juga Gubernur Kaltim dalam waktu dekat. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.