KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

PAD Sektor Pariwisata Naik 300%

Obyek wisata Pulau Kumala selalu ramai dikunjungi pada hari-hari libur
Photo: Majid

KutaiKartanegara.com 01/06/03
Kendati belum selesai benar, ternyata pembangunan objek wisata Pulau Kumala sudah mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kukar Drs HA Surya Dharma mengungkapkan, jika sebelum adanya Pulau Kumala, sektor pariwisata memberikan kontribusi bagi PAD Rp 20 juta per bulan, tapi kini bisa mencapai Rp 80 juta per bulannya. Atau dengan kata lain, peningkatan mencapai 300 persen.

"Kalau dulu kami hanya berharap dari objek seperti Museum Mulawarman, Bukit Bangkirai, Tanah Merah Samboja, Waduk Panji Sukarame dan Museum Kayu. Tapi, bertambah objeknya dengan adanya Pulau Kumala dengan fasilitas pendukungnya, termasuk Planetarium," kata Surya Dharma kepada Kaltim Post.


Fasilitas kereta gantung menuju Pulau Kumala yang sangat diminati wisatawan

Photo: Majid

Ia optimistis, jika dalam 4-5 tahun ke depan pembangunan Pulau Kumala akan selesai, dan ketika itu ia yakin pendapatan dari sektor wisata akan jauh meningkat. Kini yang diperlukan, lanjutnya dukungan semua pihak di Kota Raja agar pembangunan objek wisata itu bisa berjalan lancar sesuai rencana. "Saat ini pembangunan Pulau Kumala dan upaya melengkapi fasilitas terus dilakukan," tandasnya.

Dikatakannya, saat ini sedang dimulai pembangunan dermaga untuk memperlancar para wisatawan jika hendak menyeberang ke Pulau Kumala. Dermaga itu sifatnya sementara, sebab nantinya akan dibangun dermaga permanen yang terletak di kawasan JL Akhmad Muksin, Timbau. Selain dermaga, juga akan dirancang angkutan penyeberangan yang didisain khusus untuk wisata dengan dilengkapi alat standar pengamanan seperti pelampung.

Perencanaan lainnya, Dinas Pariwisata akan membuat petunjuk pariwisata yang ada di Tenggarong. Langkah ini diharapkan bisa membantu para wisatawan agar tidak bingung dalam melakukan perjalanan wisata. "Selain itu juga akan dilakukan penambahan armada angkutan pariwisata untuk menambah 7 angkutan (mobil wisata) yang ada," tukasnya. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.