KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Hari Kebangkitan Nasional Diperingati

KutaiKartanegara.com 21/05/03
Secara serentak di segenap penjuru Tanah Air, kemarin digelar upacara bendera untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Tak terkecuali di Kukar, upacara tersebut juga berlangsung di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara.

Bertindak selaku inspektur upacara, Sekkab Kukar Drs H Eddy Subandi MM. "Kita harus bisa mengambil hikmah dari perjuangan pergerakan yang telah dilakukan kelompok pemuda yang terkenal dengan nama Budi Utomo. Dari kegiatan kelompok inilah, telah menjadi titik awal perjuangan untuk membawa bangsa bangkit dari penindasan dan sadar akan pentingnya sebuah kemerdekaan," jelas Eddy Subandi, ketika menyampaikan amanat Bupati Kukar di upacara tersebut.

Tema untuk peringatan Harkitnas tahun ini yakni "Dengan Semangat Hardiknas Bangkitlah Bangsa dan Negeriku, Mantap Indonesia dan Bersatu. Kesadaran akan pentingnya semangat kebangkitan bangsa tersebut, telah berlangsung 20 Mei 1908 lalu, dimotori oleh beberapa tokoh nasional bangsa ini.

"Saat itu sekelompok anak muda yang bernama Budi Utomo tersebut, telah menggoreskan tinta emas. Dengan penuh semangat, melakukan gerakan moral dan intelektual. Untuk melakukan perjuangan melalui dimensi politik. Tetapi untuk masa ini, kita harus bisa menerapkan hal tersebut di dalam perjuangan memperbaiki kondisi perekonomian negara saat ini," kata Eddy Subandi.

Untuk memetik hikmah dari perjuangan para tokoh pemuda tersebut, generasi muda saat ini juga bisa melakukannya. Seperti memberikan sumbang saran dan berperan aktif untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan warga di Kukar ini. Dari sini nantinya akan terus dikembangkan ke cakupan lebih luas sampai ke tingkat nasional.

"Perlu diingatkan pula, bahwa jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan, telah terbukti tangguh dalam perjuangan merebut kemerdekaan dahulu. Semangat inilah yang harus kita kembangkan dan lestarikan. Karena hanya dengan jalinan persatuan dan kesatuan yang kuta, bangsa Indonesia dan menjadi besar dan kuta," ujar Seskab lagi.

Upacara peringatan Harkitnas kemarin berjalan khidmat dan lancar. Para peserta upacara yang terdiri atas pelajar, para anggota Polres Kutai, Kodim 0609 Tenggarong serta jajaran Pemkab Kukar, mengikuti jalannya upacara hingga usai. (idn)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.