KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Ratusan Komputer Datang, Kukar Canangkan E-Learning

Bupati Kukar H Syaukani HR mengamati kebolehan salah seorang guru yang telah selesai dilatih menggunakan komputer

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 17/11/03 16:30 WITA
Semakin meningkatnya tuntutan era globalisasi dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan dipihak lain dipacu demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia membuat Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) segera mengimplementasikan pe- nerapan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi (TI).

Implementasi ini diwujudkan Pemkab Kukar dengan merealisasikan bantuan 3 ribu unit komputer yang pada tahap pertama berjumlah 830 unit komputer. Ratusan komputer ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM tadi pagi kepada para guru SD hingga SLTA, Ormas dan LSM se-Kukar dalam rangka E-Learning bertempat di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga (Dikluspora) Kukar, Drs H Rusli Rachim, ribuan unit komputer ini berasal dari bantuan Komisi Kemanusian dan Pendidikan dari Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia se Dunia.


Para guru sekolah ketika mengujicoba beberapa komputer di Pendopo Odah Etam tadi pagi
Photo: Yanda

"Kendati sebagian besar komputer bantuan ini adalah bekas namun masih layak pakai. Komputer-komputer ini nantinya akan disebar ke seluruh institusi pendidikan di Kukar dari mulai SD hingga SLTA. Namun untuk tahap pertama ini diprioritaskan pada SD dan Madrasah Ibtidaiyah se Kukar kemudian hingga akhir tahun 2003 ini akan diserahkan untuk tingkat SLTP dan SLTA. Sehingga diharapkan seluruh guru dan pelajar di kukar mampu menggunakan komputer sebagai media belajar dan mengajar," kata Rusli Rachim.

Menyinggung tentang siapa tenaga instruktur di sekolah-sekolah, menurut Rusli Rachim adalah para guru masing-masing yang telah mendapatkan pendidikan komputer. Hingga saat ini sudah 3 angkatan atau sekitar 391 orang yang telah dilatih komputer, mereka semuanya para guru dari SD hingga SLTA. Diharapkan akhir Desember 2003 ini semua guru instruktur komputer yang berjumlah 600 orang telah dilatih mengoperasikan komputer.


Bupati H Syaukani HR bersama pejabat Muspikab Kukar saat memperhatikan para guru menggunakan komputer
Photo: Yanda

Sementara itu Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM mengatakan, tidak dipungkiri bahwa semua peralatan yang ada dan tersedia dewasa ini telah memanfaatkan teknologi canggih yang berbasis komputasi digital, sehingga dengan demikian apabila kita mampu menguasai komputer maka banyak hal yang dapat kita pahami tentang kemajuan teknologi.

"Penguasaan komputer saat ini sudah menjadi keharusan bagi setiap orang, karena melalui komputer dipadukan dengan kemajuan teknologi informasi akan dapat melihat kemajuan iptek di berbagai bidang dan di mana saja di dunia ini," kata Syaukani.

Dan demi mendukung kelancaran program komputerisasi di Kukar Syaukani meminta kepada dinas/instansi terkait untuk menyusun kurikulum mulai SD hingga SLTA agar komputerisasi menjadi salah satu materi muatan lokal di setiap institusi pendidikan di Kukar. Demikian katanya. (nop/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.