KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Mahasiswa PMII Demo Panwaslu Kukar

Para pengunjukrasa saat melintasi Jalan Diponegoro menuju Sekretariat Panwaslu

Photo: Agri


Mahasiswa PMII saat tiba didepan Sekretariat Panwaslu di Jalan Mayjen Sutoyo
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 16/12/03 14:20 WITA
Sedikitnya 40 mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Kartanegara (Kukar) tadi pagi berunjukrasa didepan Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kukar. Dalam aksi damai yang dimulai sekitar pukul 10.10 WITA ini, para pengunjukrasa diterima oleh Wakil Ketua Panwaslu Suroto SSos MSi.

Puluhan mahasiswa ini menuntut agar Panwaslu memberikan tindakan tegas terhadap partai politik (parpol) yang melakukan pelanggaran-pelanggaran, terutama dalam kasus pemasangan atribut parpol yang belum sampai pada waktunya.

"Kami minta kepada Panwaslu untuk memberikan sanksi yang tegas atas pelanggaran yang dilakukan parpol tanpa pandang bulu!" kata Amir, Ketua Umum PMII Kukar, diiringi yel-yel dari para mahasiswa PMII lainnya.

Selain itu, PMII juga meminta agar Panwaslu khususnya bidang Penerimaan dan Tindak Lanjut Laporan segera mensosialisasikan segala bentuk pelanggaran oleh parpol kepada publik melalui media massa. "Hal ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui parpol mana yang sering melakukan pelanggaran sehingga dapat memberikan penilaian secara obyektif terhadap masing-masing parpol yang ada.


Para pengunjukrasa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di halaman Sekretariat Panwaslu Kukar
Photo: Agri

Menanggapi tuntutan para mahasiswa PMII tersebut, Wakil Ketua Panwaslu Kukar Suroto SSos MSi mengatakan beberapa waktu lalu telah mengeluarkan surat kepada seluruh parpol di Kukar untuk menurunkan atribut-atribut parpolnya dalam waktu tiga hari sejak Minggu, Senin hingga dinihari nanti pukul 24.00 WITA.

"Jika besok masih ada bendera parpol berkibar, kami akan turunkan bersama tim pembebasan atribut parpol. Kita sepakat partai-partai yang melanggar aturan main tetap akan disampaikan pelanggarannnya, kami tidak akan tutup mata," tandas Suroto. Dijanjikannya, Panwaslu akan mulai turun ke lapangan esok (17/12) pagi pada pukul 09.00 WITA untuk memeriksa apakah masih ada atribut parpol yang dipasang di tempat-tempat umum.


Ketua PMII Kukar, Amir (kanan), saat berorasi menyampaikan tuntutan PMII didampingi Koordinator Lapangan Al Hifni A (kiri)
Photo: Agri


Wakil Ketua Panwaslu Kukar, Suroto SSos MSi, saat memberikan tanggapan terhadap demo para anggota PMII Kukar
Photo: Agri

Sementara berkaitan dengan pelanggaran oleh partai, menurut Suroto, terbatas pada tiga yakni pelanggaran yang bersifat administratif, pelanggaran pidana, dan pelanggaran tindak sengketa. Dijelaskan Suroto, jika ada pelanggaran bersifat administratif hal tersebut ditangani oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sedangkan pelanggaran pidana akan diteruskan kepada pihak penyidik yakni pihak Polres dan Kejaksaan, sedangkan pelanggaran tindak sengketa baru lah menjadi wilayah kerja Panwaslu.

Sedangkan tuntutan PMII agar Panwaslu melengkapi sarana pendukung untuk memudahkan segala bentuk pelaporan dari masyarakat, dikatakan Suroto bahwa pihaknya mempersilakan kepada masyarakat untuk melaporkan atau mengadukan pelanggaran melalui Kotak Pos 8000, atau dapat pula melalui internet dengan alamat e-mail panwaslu@kutaikartanegara.com.

Aksi damai para mahasiswa PMII ini berakhir dengan tertib sekitar pukul 10.40 WITA, para mahasiswa tampak puas setelah menyampaikan tuntutan dan berdialog dengan anggota Panwaslu Kukar tersebut. Dalam perjalanan menuju Sekretariat Panwaslu dari markas PMII di Jalan DI Panjaitan, para mahasiswa ini membagi-bagikan selebaran kepada masyarakat Tenggarong yang berpapasan dengan mereka. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.