KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Dusun Lekaq Kidau Jadi Desa Wisata

Bupati Kukar H Syaukani HR diusung masyarakat setempat menuju tempat perayaan hari jadi dusun Lekaq Kidau
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 15/07/03 23:40 WITA
Dusun Lekaq Kidau yang berada di Desa Selerong, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dicanangkan Bupati Kukar, Drs H Syaukani HR MM sebagai desa wisata.

Kendati infrastruktur dusun Lekaq Kidau termasuk sarana dan prasarana pariwisata belum mendapat sentuhan yang berarti dan jauh dari memadai, oleh Syaukani akan segera dilengkapi pembangunannya termasuk fasilitas penginapan dan lamin (rumah tradisional suku Dayak) adat yang lebih besar.

Pencanangan Dusun Lekaq Kidau menjadi desa wisata ini dilakukan oleh Bupati Kukar Syaukani HR dalam suatu upacara peringatan hari jadi ke-5 dusun tersebut yang berlangsung tadi siang.

Dalam sambutannya, Syaukani mengatakan Dusun Lekaq Kidau selain sangat strategis sebagai tujuan wisata juga dikarenakan sebagian besar warganya adalah masyarakat adat asli pedalaman Kalimantan yang tetap konsisten mempertahankan adat-istiadat dan seni budaya nenek moyang mereka.

Syaukani mengharapkan kepada semua pihak agar adat-istiadat dan seni budaya leluhur pedalaman kalimantan agar terus dapat dilestarikan. "Jangan sampai masyarakat adat yang kita miliki ini terkontaminasi dengan kehidupan modern yang serba pragmatis. Biarkan mereka hidup dalam budaya dan adat-istiadatnya karena ini merupakan aset bangsa yang sangat berharga dan tidak dapat dinilai dengan apapun jua," ujar Syaukani.

Daerah Yang Subur
Dusun Lekaq Kidau yang kini telah berusia 5 tahun awalnya adalah kawasan pertanian masyarakat di Desa Selerong yang terlantar. Namun oleh masyarakat Dayak Kenyah yang datang dari berbagai wilayah di pedalaman Kalimantan terutama di wilayah utara Kaltim dan sebagian wilayah Kutai Timur hijrah ke dusun ini. Nama Lekaq Kidau sendiri berasal dari bahasa Dayak yang berarti daerah yang subur.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Agu Lawai, ada tiga alasan perpindahan warga ke dusun ini yaitu keinginan warga untuk mendekati sarana pendidikan bagi anak-anak mereka kemudian sarana kesehatan dan kemudahan jangkauan transportasi.

"Di pedalaman kami hampir tidak dapat menikmati ketiga fasilitas itu dengan mudah, semuanya serba terbatas. Dengan perpindahan ke dusun ini fasilitas itu dapat dinikmati warga," demikian kata Agu Lawai.

Dusun dengan jumlah penduduk kurang lebih 200 jiwa atau sekitar 70 kepala keluarga dimana sebagian besar dihuni suku Dayak Kenyah dengan 7 sub sukunya diantaranya seperti Dayak Kenyah Uma Tukung, Uma Jalan dan Uma Tau.

Untuk mencapai dusun Lekaq Kidau yang termasuk dalam wilayah Desa Selerong Kecamatan Sebulu ini, bisa ditempuh dengan menggunakan kapal motor menyusuri Sungai Mahakam atau melalui jalan darat Tenggarong-Kota Bangun menuju Senoni, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu motor ketinting. (joe/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.