KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Proyek Pelebaran Jalan di Tepi Mahakam Disosialisasikan

Salah seorang warga Tenggarong ketika memberikan saran dan pendapatnya pada sosialisasi proyek pelebaran jalan siang tadi

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 09/05/03
Pemkab Kutai Kartanegara akan segera melakukan pendataan terhadap para pemilik tanah/bangunan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Muksin dan Wolter Monginsidi sehubungan dengan rencana pelebaran jalan di tepi sungai Mahakam tersebut.

Hal tersebut diungkap Assisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemkab Kukar Drs HM Husni Thamrin dalam acara sosialisasi proyek pelebaran jalan di tepi Mahakam yang berlangsung tadi siang di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Tenggarong dengan dihadiri sekitar 170 warga yang tanah atau rumahnya akan terkena pembebasan. Tampak mendampingi Assisten I yakni Kepala Kepala Dinas Pertanahan Drs Soeparlan, Camat Kota Tenggarong Drs HM Gufron Yusuf, Pimpinan Proyek dari Dinas Bina Marga Wicaksono dan pihak Dinas Cipta Karya yang diwakili M Sofyanuddin ST.

Menurut HM Husni Thamrin, untuk proyek pelebaran jalan ini diperkirakan tanah yang akan dibebaskan adalah dua meter dari tepi trotoar, sehingga akan ada fasilitas PLN, PDAM, telepon, lampu penerangan jalan umum serta halaman rumah atau bangunan yang terkena.

Camat Kota Tenggarong Drs HM Gufron Yusuf yang hadir pada sosialisasi proyek tersebut menyatakan pihaknya telah mendata nama-nama pemilik bangunan dan tanah yang tinggal di Jalan Jenderal Sudirman Ahmad Muksin dan jalan Wolter Monginsidi. Dan siap menyerahkan data tersebut kepada tim untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, Wicaksono selaku pimpinan proyek pelebaran jalan dari Dinas Bina Marga mengatakan bahwa pelebaran jalan ini akan dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman tepatnya dari Gedung Juang hingga Jalan Wolter Monginsidi tepatnya di pertigaan Tugu PKK Bukit Biru.

Dari survey pendahuluan yang telah dilakukan pimpro pelebaran jalan ini, sedikitnya ada sekitar 7000 meter persegi tanah yang akan dibebaskan, 1400 meter persegi pagar, serta sekitar 1100 meter persegi bangunan permanen dan semi permanen.


M Sofyanuddin dari Dinas Cipta Karya ketika menyampaikan rencana pendataan yang akan segera dilaksanakan dalam minggu ini

Photo: Joe

Menurutnya, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Wolter Monginsidi ini rencananya akan dilapis beton atau rigid pavement. "Digunakannya rigid pavement ini adalah untuk menjawab tantangan kedepan, nantinya disamping parit akan dibuat cable duct atau saluran khusus untuk jaringan listrik, air bersih dan telepon, sehingga tidak akan ada bongkar pasang lagi di masa mendatang," kata Wicaksono.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanahan, Drs Soeparlan mengatakan bahwa secara teknis pengukuran bagi proyek pelebaran jalan ini dilakukan oleh pihak Dinas Bina Marga, kemudian Dinas Cipta Karya bersama Dinas Pertanahan akan melakukan pendataan obyek yang terkena pelebaran tersebut. 

"Dinas Pertanahan akan mengukur tanah dan mendata kelengkapan surat-suratnya, apakah ada sertifikat atau tidak, apakah berbentuk surat segel, siapa pemiliknya atau siapa yang berhak atas tanah tersebut," kata Soeparlan.

Sementara itu, M Sofyanuddin ST dari Dinas Cipta Karya juga menghimbau kepada warga untuk menyiapkan segala sesuatunya seperti surat Izin Mendirikan Bangunan karena minggu depan pihaknya sudah akan turun ke lapangan untuk melakukan pendataan bangunan-bangunan terkena pembebasan, apakah itu bangunan darurat, bangunan semi permanen atau bangunan permanen. Yang pasti menurutnya jenis-jenis bangunan tersebut akan berpengaruh terhadap penentuan harga.

Drs HM Husni Thamrin berterimakasih atas kesediaan warga untuk menghadiri pertemuan tadi siang. Ia mengatakan bahwa masih banyak lagi pertemuan-pertemuan yang akan dilaksanakan dalam rangka proyek pembebasan lahan untuk pelebaran jalan ini. Setelah disepakati bersama, pendataan terhadap para pemilik tanah/bangunan akan dilakukan pada hari Selasa tanggal 13 Mei 2003 yang akan datang. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.