KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Bangunkan Sahur di Tenggarong Berhadiah Jutaan Rupiah


Dengan peralatan sederhana, para peserta berkeliling Tenggarong membangunkan warga untuk bersantap sahur

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 08/11/03 14:02 WITA
Begeraan Saor atau membangunkan sahur merupakan salah satu tradisi yang telah lama berkembang dalam masyarakat Kutai pada setiap bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan oleh sekelompok pemuda kampung atau bahkan kanak-kanak dengan berkeliling di lingkungan sekitarnya sambil memainkan bunyi-bunyian yang berasal dari peralatan-peralatan perkusi sederhana maupun modern.

Sesekali salah seorang dari mereka akan meneriakkan "Saor! Saor!" sambil terus memainkan komposisi apik yang tercipta dari bunyi-bunyian ember, botol bekas, bambu, panci, kaleng bekas atau benda-benda lainnya.

Tradisi yang selalu menyemarakkan suasana bulan suci Ramadhan ini dilakukan secara sukarela oleh para pemuda kampung tersebut. Semua dilakukan atas inisiatif mereka sendiri, tidak ada imbalan atas jerih payah mereka tersebut. "Tidak ada bayaran, semua dikerjakan dengan sukarela dan kesenangan saja. Hitung-hitung cari amal di bulan puasa dengan membangunkan sahur," ujar Baen, salah seorang warga Kampung Melayu, Tenggarong, yang puluhan tahun lalu aktif bersama rekan-rekannya melakukan kegiatan Begeraan Saor.

Menurut Baen, ada keasyikan dan kepuasan tersendiri melakukan kegiatan ini, karena hanya dengan peralatan seadanya mereka dapat menghasilkan irama musik yang enak didengar. "Kalau dulu seru, jika ada kelompok dari kampung lain berpapasan dengan kami, mereka berusaha mengacaukan irama permainan kami dengan menabuh peralatan yang mereka pakai secara sembarangan dan sekeras-kerasnya. Tapi irama kami tetap tak terpengaruh dan tidak pernah ada konflik antar sesama pelaku Begeraan Saor," kenang Baen sambil tertawa mengingat masa lalunya.

Kini tradisi Begeraan Saor di kota Tenggarong memiliki nuansa berbeda dalam 5 tahun terakhir. Hal ini setelah Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) Tenggarong menggelar agenda tahunan bertajuk Festival Bulan Penuh Hikmah yang salah satunya mempertandingkan Begeraan Saor.

Hadiah berupa piala dan uang pembinaan Rp 5 juta rupiah bagi terbaik I dan Rp 1 juta untuk terbaik V  tentunya sangat menggiurkan para remaja dan pemuda Tenggarong untuk berpartisipasi dalam lomba ini yang telah terdaftar sebanyak 14 kelompok. Saor! Saor! (win)

Berita Terkait:
Festival Bulan Penuh Hikmah Kembali Digelar (05/11/03)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.