KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Lembaga Adat Kesultanan Siapkan Pagelaran Seni Budaya Keraton

Para penari puteri saat berlatih menari untuk persiapan menyambut Erau yang akan berlangsung tak lama lagi

Photo: Agri


Para penari putera pun tampak giat berlatih menarikan Topeng Kemindu
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 03/09/03 19:00 WITA
Kesibukan panitia menjelang digelarnya Erau 2003 dan Festival Zapin Internasional semakin terasa di kota Tenggarong, tak terkecuali pihak Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura yang menangani upacara adat Erau Kutai Kartanegara sebagai mata acara pokok pesta adat tahunan ini.

Berbagai persiapan telah dilakukan dalam mendukung berbagai upacara-upacara sakral yang akan dilaksanakan setiap malam di Keraton (Museum Mulawarman). Yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan tari-tarian tradisi keraton Kutai Kartanegara.

Menurut Adji Bambang Arsil dari Seksi Tari Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara, tarian ini akan ditampilkan setiap malam di Keraton sebagai pendukung upacara adat Bepelas yang akan digelar pada malam pertama hingga mlam terakhir pelaksanaan Erau.

Menurut AB Arsil, ada 20 orang putera-puteri yang disiapkan untuk menari dihadapan Sultan dan Permaisuri beserta kerabat Kesultanan. "Mereka akan menampilkan sedikitnya 10 jenis tarian keraton seperti Tari Ganjar Ganjur, Tari Kanjar Laki, Tari Kanjar Bini, Tari Topeng dan Tari Dewa Memanah.


Kedaton Koetai Kartanegara yang akan mejadi salah satu tempat peragaan upacara adat keraton Kutai
Photo: Agri

Peragaaan Upacara Adat di Kedaton
Sementara itu, HB Syaiful Anwar IB dari Sekretariat Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara mengatakan, selain menampilkan tari-tarian yang akan menyemarakkan upacara adat di Keraton, pihak Lembaga Adat Kesultanan juga akan menggelar peragaan upacara-upacara tradisional keraton lainnya seperti upacara pernikahan, upacara Belenggang, upacara Tasmiyah dan Naik Ayun yang akan dilangsungkan di Kedaton Koetai Kartanegara.

Menurut HB Syaiful Anwar IB, pagelaran seni budaya keraton di Kedaton Kutai Kartanegara ini akan dilaksanakan pada siang pagi hari dan bersifat terbuka bagi masyarakat umum namun untuk menyaksikan pagelaran ini akan dikenakan biaya. "Tarif masuknya sebesar Rp 10.000 per orang dan ini sudah termasuk snack yang kami sediakan bagi para pengunjung," ujar HB Syaiful Anwar. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.