KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Agustus 2004

Koreografer Tenggarong dan Jakarta Suguhkan Tari Kontemporer

Penampilan Wiwin dalam tari bertajuk Meniti Tapak
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 10/08/04 21:21 WITA
Sebelas koreografer atau penata tari yang berada di Tenggarong sejak Senin (09/08) kemarin berkumpul bersama tiga koreografer dari Jakarta dalam event seni bertajuk Temu Koreografer dan Tari Sorangan 2004 yang digarap untuk pertama kalinya oleh Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK).

Menurut Ketua LPKK, Misra Budiarto SSos, ajang ini digelar dalam rangka menggali potensi dan mengembangkan bakat serta kreativitas para koreografer dari perkumpulan atau sanggar tari yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar), khususnya di kota wisata dan budaya Tenggarong.

"Event ini baru pertama kali kami gelar dan akan dijadikan program tetap dari LPKK. Kami harap, dengan adanya ajang ini dapat menumbuhkembangkan sanggar, grup atau kelompok tari di Kukar," ujar Misra Budiarto.


Aksi salah seorang koreografer Tenggarong, Musdiannur, saat membawakan tari bertajuk Resah
Photo: Yanda


Koreografer dari Jakarta, Susi Mariah, yang turut beraksi pada pentas Tari Sorangan 2004 di Gedung Serapo LPKK
Photo: Yanda

Ditambahkan Misra, jika sanggar atau grup tari sudah dapat berkembang di daerah ini maka Kukar tidak akan kesulitan lagi mencari para penari yang handal dalam mendukung pariwisata Kukar.

"Kalau ada kelompok atau sanggar tari yang layak gelar atau lebih baik dari LPKK, mengapa tidak mereka saja yang tampil. Sehingga tidak mesti LPKK yang harus tampil, mungkin LPKK terbatas untuk mengkoordinir saja," demikian kata Misra.

Pada event bertema "Spirit Tradisi dalam Kontemporer" ini, baik koreografer dari Tenggarong maupun Jakarta masing-masing tampil menyuguhkan karyanya berupa tarian kontemporer yang dibawakan secara sendirian dengan durasi sekitar 10 menit di Gedung Serapo LPKK H Zailani Idris, Tenggarong.

Pada malam pertama kemarin (09/08), tiga koreografer Tenggarong yang tampil adalah Suryadinata dengan suguhan tari bertajuk Kembang Belian, kemudian Wiwin dengan Meniti Tapak dan Musdiannur dengan Resah. Sementara koreografer pembanding dari Jakarta menampilkan Susi Mariah dengan karya tari berjudul Tiga Sketsa Solo untuk Susi.

Untuk malam ini, dijadwalkan ada 5 koreografer yang akan beraksi yakni Ancha dengan dengan tari kontemporer bertajuk Ranam, Linda dengan Kodrat, Uyak dengan Lenggang si Muka Dua dan Afni dengan Rentak Enggang, yang kemudian ditutup penampilan Hanny Herlina dari Jakarta.

Sedang pada malam besok (11/08), koreografer yang akan tampil adalah Eka dengan tari bertajuk Naluriku Berbicara, Udin dengan Takdir, Arif dengan Equilibrium dan Deddy dengan Komposisi serta ditutup dengan penampilan koreografer pembanding dari Jakarta, Indra Jubir. (win/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.