KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Nopember 2004

Jembatan Martadipura Rampung Akhir Tahun 2004

Bupati Kukar H Syaukani HR (tengah)
saat meninjau Jembatan Martadipura, Kota Bangun
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 09/11/04 15:56 WITA
Jembatan Martadipura yang berada di atas aliran sungai Mahakam, tepatnya di Desa Liang, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), saat ini pembangunannya telah mencapai sekitar 90 persen. Dan awal Desember 2004 mendatang seluruh pekerjaan fisik jembatan sudah dapat dirampungkan dan kalau tidak ada masalah akhir Desember diharapkan sudah dapat difungsikan.

Demikian dikatakan Project Enginering Jembatan Martadipura, Selo Tjahjono ST, kepada Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM saat meninjau langsung pembangunan Jembatan Martadipura, Rabu (09/11) kemarin.

Ditambahkannya, Jembatan Martadipura termasuk golongan jembatan bentang panjang yang perlu biaya dan keahlian yang cukup tinggi. Dengan demikian Jembatan Martadipura memiliki spesifikasi jembatan kelas A di Indonesia sehingga dalam pekerjaannya perlu dukungan beberapa tenaga skill profesional yang ahli dibidangnya masing-masing. 

Kendati belum sepenuhnya selesai, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM dalam peninjauan yang didampingi Camat Kota Bangun Drs M Yamin, tampak terkagum-kagum melihat kemajuan pembangunan Jembatan Martadipura yang sedang dikerjakan kontraktor nasional PT Hutama Karya.

Menurut Syaukani hingga memasuki tahun ketiga pembangunannya yaitu sejak Agustus 2001, Jembatan Martadipura telah menghabiskan dana murni APBD Kukar sebesar Rp 105 milyar.


Potret Jembatan Martadipura di kala senja yang diambil beberapa bulan lalu

Photo: Agri


Fisik Jembatan Martadipura di Kota Bangun yang saat ini telah selesai 90% diharapkan rampung akhir Desember 2004 dan diresmikan Presiden SBY
Photo: Joe

Diresmikan Presiden SBY
Keberadaan Jembatan Martadipura katanya sangat penting yaitu selain dapat meningkatkan mobilitas masyarakat juga dalam upaya membuka aksesibilitas wilayah terutama melalui jalur darat, yang selama ini terisolasi.

"Adanya Jembatan Martadipura maka setidaknya 5 Kecamatan di Kukar yang selama ini sulit diakses melalui jalan darat dapat diatasi. Insya Allah persemian Jembatan Martadipura akan dilakukan 27 Desember mendatang oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono," demikian kata Syaukani.

Jembatan Martadipura dibangun dengan bentang sepanjang 560 meter terdiri dari bentang utama 200 meter dan bentang pendekat 12 x 30 meter, dengan lebar 9 meter. Sedang tinggi dari muka air pasang untuk lalu-lintas sungai 15 meter sementara tinggi jembatan dari dasar lantai jalan hingga konstruksi teratas setinggi 35 meter. Sementara material konstruksi sepenuhnya menggunakan baja dan beton komposit produksi Nasional.

Jembatan ini difungsikan untuk menghubungkan 5 kecamatan yang selama ini terisolir dapat diakses dengan mudah melalui jalan darat. Dengan adanya Jembatan Martadipura maka sudah 3 buah jembatan permanen yang melintas di atas sungai Mahakam yaitu jembatan Mahakam I di Samarinda, Jembatan Kartanegara di Tenggarong dan Jembatan Martadipura di Kec Kota Bangun Kukar. Jembatan Martadipura paling tidak dapat menghubungkan 5 Kecamatan di Kukar yaitu Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Muara Wis dan Muara Muntai. (joe)

Bupati Kukar (kiri) didampingi didampingi Camat Kota Bangun, pihak kontraktor dan tokoh masyarakat setempat usai meninjau fisik Jembatan Martadipura
Photo: Joe

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.