KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita
Arsip Berita KutaiKartanegara.com

 

Info Odah Etam : Agustus

FLP Goes To School & Campus
Pelajar Muara Badak Antusias Ikuti Gerhana Mentari

Salah seorang peserta pelatihan saat mengajukan pertanyaan kepada Ketua FLP Tenggarong, Hanafi (kiri)

Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 08/08/04 23:54 WITA
Setelah menggelar pelatihan di Tenggarong beberapa waktu lalu,
Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Tenggarong kembali melakukan kegiatan FLP Goes To School and Campus (GTSC) yang kali ini diadakan di Kecamatan Muara Badak.

Dalam kegiatan yang berlangsung kemarin (07/08), FLP Tenggarong bekerjasama dengan perusahaan migas VICO Indonesia selaku sponsor malaksanakan Tralis
(Training Menulis) bertajuk 'Gerhana Mentari' bertempat di di ruang Laboratorium SMU Negeri 1 Muara Badak sejak pukul 08.30 WITA hingga 17.00 WITA.

Gerhana Mentari yang tak lain merupakan kependekan dari Gelar Pelatihan Cara Menulis Cerita/Berita, Roman, Fiksi/Ilmiah ini diikuti 60 pelajar SMU se-kecamatan Muara Badak, diantaranya 10 santri Pesantren AL-Muhajirin, 40 pelajar SMUN 1 dan 10 pelajar SMU Muhammadiyah.


Kahlifah Nur Rahmansyah saat memperlihatkan contoh ilustrasi kepada peserta
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Pihak Manajemen VICO Indonesia yang diwakili Rudi Marbun dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan implementasi dari program community development VICO Indonesia dalam bidang pendidikan terutama untuk mentransformasikan berbagai ilmu pengetahuan kepada generasi muda sebagai upaya peningkatan kulitas SDM di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Dikatakan Ketua panitia Tralis 'Gerhana Mentari', Bastian Rauf, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar khusunya dalam hal menulis cerita, novel maupun jurnalistik. Hal ini juga untuk merespon keinginan pelajar SMU Muara Badak yang 'haus' akan kepenulisan.


Suwarni dari SMU 1 Muara Badak ketika diminta untuk membuat ilustrasi komik
Photo: VICO Indonesia / Bastian


Para pelajar Muara Badak yang sangat antusias mengikuti tralis Gerhana Mentari
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Menurutnya, materi yang disampaikan meliputi Kiat Menulis Berita di Media, Asyik Menulis Cerpen dan Novel serta Ilustrasi dan Komik oleh para pengurus FLP Tenggarong seperti Hanafi, Nurjannah SAg dan Khalifah Nur Rahmansyah. "Para pelajar selain berlatih teknik menulis dan memahami dunia jurnalistik juga mendapat pelajaran cara membuat ilustrasi atau komik," ujar Bastian.

Sebagai tindak lanjut dari Gerhana Mentari, pihak FLP juga membentuk SCM (Study Club Menulis) untuk tiga SMU yang ada di Muara Badak, masing-masing SCM "Alam" SMU 1, SCM "Muabad' SMU Al-Muhajirin dan SCM "Mentari" SMU Muhammadiyah.

Diharapkan Bastian melalui pembentukan SCM ini, para pelajar lebih termotivasi untuk menulis. "Dijadwalkan masing-masing SCM setiap dua minggu mengirimkan karya tulis dan akan dipublikasikan melalui Warta Muara Badak yang merupakan Bulletin External Relations VICO Indonesia yang saat ini telah memasuki tahun ke-4," tambah Bastian.

Sementara itu, menurut Ketua FLP Cabang Tenggarong, Hanafi, dari beberapa kali kegiatn tralis yang pernah mereka gelar sebelumnya, semuanya dilaksanakan di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Muara Badak merupakan kecamatan pertama di Kukar yang dikunjungi oleh FLP dan ternyata respons pelajar di Muara Badak sungguh sangat luar biasa," ujar Hanafi. Hal ini, lanjutnya,  tergambar dari antusiasme pelajar mengikuti kegiatan ini, serta rasa ingin tahu terhadap cara menulis cerpen, novel, jurnalistik, ilustrasi dan komik sangat tinggi.

Kami dari FLP sangat menyambut baik kerjasama dengan VICO Indonesia ini dan semoga bisa berlanjut ke kecamatan lain di kabupaten Kukar. Demikian harapnya. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.