KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita
Arsip Berita KutaiKartanegara.com

 

Info Odah Etam : Agustus

FLP Goes To School & Campus
Latih Penulisan Fiksi dan Pembuatan Komik

Ketua FLP Tenggarong, Hanafi, saat memberikan motivasi minat membaca dan menulis kepada siswa SMU YPK Tenggarong

Photo: FLP Tenggarong

KutaiKartanegara.com 03/08/04 09:55 WITA
Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Tenggarong kembali beraksi turun ke kampus maupun sekolah-sekolah melalui program FLP Goes to School and Campus (GTSC) dalam rangka memotivasi minat membaca dan menulis kepada para pelajar maupun mahasiswa yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar).

Seperti yang dilakukan di SMU YPK, Tenggarong, belum lama ini. Sebanyak 45 siswa sekolah tersebut dengan sangat antusias mengikuti pelatihan penulisan fiksi dan komik yang disampaikan trainer-trainer muda yang ahli di bidang menulis dan menggambar.

Dalam kesempatan itu, Hanafi, yang juga Ketua FLP Tenggarong, memaparkan tentang 5 alasan mengapa seseorang menulis yakni karena bakat, hobi, butuh media untuk menyalurkan perasaan, motivasi uang dan karena suka membaca. "Sedangkan alasan mengapa banyak orang tidak suka menulis, salah satunya dikarenakan sifat malas dan tidak suka untuk berpikir," ujar Hanafi.


Siswi SMU YPK Tenggarong dengan serius mengikuti pelatihan penulisan fiksi dari FLP Tenggarong
Photo: FLP Tenggarong


45 siswa SMU YPK Tenggarong yang begitu antusias menyimak pelatihan penulisan fiksi oleh salah seorang trainer muda FLP
Photo: FLP Tenggarong

Ia mengungkapkan bahwa banyak siswa-siswa yang tidak percaya diri kalau mereka bisa. Contoh sederhananya yaitu kalau disuruh untuk maju atau mengungkapkan argumentasi mereka, maka yang terjadi hanya saling tunjuk menunjuk. "Mereka malu untuk mengatakan kalau mereka bisa. Hal inilah yang membedakan siswa-siswa kita dengan siswa luar negeri," ucapnya.

Dari kegiatan FLP GTSC di SMU YPK Tenggarong pada akhir Juli ini, FLP Tenggarong membentuk Study Club Menulis (SCM) Mandiri sebagai wadah berkreatifitas para siswa yang mempunyai bakat serta minat di bidang menulis. Hanafi berharap dengan dibentuknya SCM Mandiri ini akan memberikan warna baru di SMU YPK Tenggarong, khususnya dapat membuat majalah dinding (mading) dan mengelolanya dengan baik.

"Program kerja dari SCM ini antara lain yakni memotivasi siswa-siswa untuk berkarya, memberikan informasi tentang buku-buku serta mengharuskan seluruh pengurus dan anggotanya untuk berkarya setiap minggunya," demikian kata Hanafi.

Pihak sekolah sangat menyambut baik terbentuknya SCM Mandiri ini. menurut Wakil kepala SMU YPK, Agus Hamidiansyah, sekarang tinggal bagaimana mengelola dan memajukannya ke depan.

Dikatakannya pula bahwa sudah saatnya siswa-siswa sekarang banyak belajar dalam bidang penulisan sehingga diharapkan kelak akan bermunculan para penulis maupun jurnalis yang dapat mengharumkan nama daerah yang berasal dari SMU YPK Tenggarong. (win)

Suasana pelatihan penulisan fiksi dan membuat komik di SMU YPK pada akhir bulan Juli lalu
Photo: FLP Tenggarong

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.