KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli 2004

Musibah Kebakaran di Muara Muntai
Wabup Samsuri Aspar Serahkan Bantuan

Wabup H Samsuri Aspar setiba di lokasi kebakaran yang menghanguskan lebih dari 200 bangunan milik warga Desa Muara Muntai Ulu

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 02/07/04 23:35 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 145.895.000 bagi korban musibah kebakaran di Muara Muntai. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM secara simbolis kepada Camat Muara Muntai M Syamsie Juhri SSos MM usai pelaksanaan Sholat Jum'at di Mesjid Raya Muara Muntai tadi siang.

Bantuan dana dari Pemkab Kukar tersebut terdiri dari dana sebesar Rp 31.395.000 untuk uang konsumsi selama 7 hari bagi 870 warga korban kebakaran serta santunan sebesar Rp 114.500.000 bagi 229 Kepala Keluarga (KK) sesuai data yang diterima Bupati Kukar H Syaukani HR saat peninjauan ke tempat kejadian perkara, Senin (28/06) pagi. Dengan demikian, 229 KK tersebut masing-masing memperoleh santunan sebesar Rp 500 ribu.

Sebenarnya jumlah KK yang menjadi korban musibah kebakaran telah meningkat dari 229 menjadi 261 KK. Menurut Camat M Syamsie Juhri, setelah dilakukan pendataan ulang oleh 8 RT di Desa Muara Muntai Ulu yang dilanda kebakaran ternyata ada 32 KK yang belum sempat tercatat. "Sementara untuk jumlah warga yang kehilangan tempat tinggal juga mengalami peningkatan yakni dari 870 menjadi 983 orang," kata Syamsie Juhri.


Wabup H Samsuri Aspar saat menyerahkan bantuan Pemkab Kukar kepada Camat Muara Muntai M Syamsie Juhri

Photo: Yanda


Salah satu jalan jembatan kayu yang tersisa dari amukan api
Photo: Yanda

Namun demikian, 32 KK yang belum memperoleh santunan sebesar Rp 500 ribu dari Pemkab Kukar tersebut akan menyusul mendapatkan haknya seperti 229 KK yang lain.

Dalam sambutannya dihadapan warga dan tokoh masyarakat Muara Muntai, Wabup H Samsuri Aspar mengatakan turut prihatin terhadap musibah kebakaran terbesar yang terjadi di Muara Muntai ini. "Saya menghimbau kepada warga yang tertimpa musibah untuk tabah dan tawakal menghadapi cobaan dari Allah SWT serta dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini," ujar Samsuri Aspar.

Wabup H Samsuri Aspar juga memuji kepedulian dan rasa persaudaraan warga Muara Muntai serta lembaga maupun organisasi lainnya di Kukar yang dengan cepat menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Muara Muntai Ulu tersebut.

Kepada Camat Muara Muntai, Wabup H Samsuri Aspar meminta untuk segera berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait untuk melakukan penataan ulang lokasi bekas kebakaran.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat Pemkab Kukar akan melakukan pembangunan jembatan kayu serta pasar darurat agar perekonomian masyarakat Muara Muntai kembali berjalan normal. Demikian katanya.

Selain dilakukan penyerahan bantuan dari Pemkab Kukar, juga dilakukan penyerahan bantuan dana maupun sembako dari beberapa lembaga pemerintahan maupun organisasi yang ada di Kukar seperti dari DPRD Kukar yang diserahkan langsung oleh Ketua DPRD H Bachtiar Effendi, Dinas Bina Marga Kukar, Tim Penggerak PKK Kukar, Dharma Wanita Kukar, Yayasan Jantung Indonesia dan Himpunan Warga Muara Muntai. (win/nop)


Puing-puing bekas kebakaran yang melanda 8 RT di Desa Muara Muntai Ulu
Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.