KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Hasil Observasi Terhadap Aparatur Pemkab Kukar Diseminarkan

Kertas Kerja hasil observasi selama di Kukar yang diseminarkan tadi siang di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 29/01/04 21:35 WITA
Setelah melakukan observasi lapangan dalam waktu yang cukup singkat, kertas kerja Kelompok III Angkatan XI Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II Jakarta berjudul Manajemen Sumberdaya Aparatur Dalam Rangka Membangun Kepemerintahan Yang Baik (Good Governance) di Kabupaten Kutai Kartanegara diseminarkan tadi siang, di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Kertas kerja yang dikerjakan 36 orang peserta Diklatpim II dari seluruh Indonesia ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner K1 kepada 43 pejabat eselon II serta kuesioner K2 kepada 129 staf di lingkungan Pemkab Kukar untuk mengetahui kondisi dan keterkaitan manajemen sumberdaya aparatur dengan penyelenggaraan kepemerintahan yang baik di Kukar.


Suasana penutupan observasi lapangan peserta Diklatpim II yang dilakukan Assisten I Drs HM Husni Thamrin MM
Photo: Agri

Dari hasil observasi atau penelitian tersebut, diantaranya disimpulkan bahwa manajemen sumberdaya aparatur di Kabupaten Kukar telah dilaksanakan dengan baik, baik pada tahap perencanaan, pengadaan, pengembangan, sistem kompensasi, pengawasan dan evaluasi kinerja pegawai.

"Kabupaten Kukar telah menggunakan prinsip-prinsip kepemerintahan yag baik dalam manajemen sumberdaya aparatur di semua unit kerjanya," kata Andi Akhmad Nuzul dalam presentasinya mewakili para peserta Diklatpim II lainnya. Namun demikian, tambahnya, beberapa prinsip yang masih perlu ditingkatkan adalah transparansi, partisipasi, akuntabilitas dan efektivitas.

Selain itu juga disimpulkan bahwa faktor kompetensi, kualifikasi dan tingkat kesejahteraan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyelenggaraan kepemerintahan yang baik di Kukar. "Hal ini bisa jadi karena dua kemungkinan yakni instrumen penelitian yang tidak valid atau karena responden yang tidak memberikan jawaban sesuai dengan keadaan sebenarnya," ujar Andi Akhmad Nuzul.

Usai seminar dan pembahasan, kegiatan observasi lapangan peserta Diklatpim Tingkat II ini ditutup Assisten I Pemkab Kukar Drs HM Husni Thamrin yang bertindak mewakili Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM. Acara diakhiri dengan tukar-menukar cenderamata antara ketua tim observasi Diklatpim II dengan Assisten I HM Husni Thamrin yang didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kukar Drs H Susanto. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.