KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pemantau Pemilu Uni Eropa Kunjungi Kukar

Pertemuan dua pemantau dari Uni Eropa dengan Assisten I HM Husni Thamrin, Ketua KPU dan Ketua Panwaslu
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 24/03/04 16:58 WITA
Dua orang pemantau pemilu dari Uni Eropa yakni Joseph Ganne (Belgia) dan Anne Christine Cleeson (Inggris) tadi pagi berkunjung ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang diterima oleh Asisten I Pemkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar HM Ishack Iskandar SE dan Ketua Panwaslu Jurit Kartono SH di Executive Room, Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Kedua pemantau pemilu yang ditugaskan Uni Eropa ke provinsi Kalimantan Timur ini secara intensif menanyakan beberapa hal yang menyangkut persiapan Pemilu 2004 di Kabupaten Kukar baik kepada Assisten I, Ketua KPU maupun Ketua Panwaslu Kukar.

Menurut Ketua KPU Kukar HM Ishack Iskandar SE, hingga saat ini persiapan Pemilu di Kukar tidak ditemui kendala yang berarti. "Kalau dipersentasekan persiapannya sudah mencapai kira-kira 90
persen," ujar Ishack Iskandar.


Dua pemantau Pemilu 2004 dari Uni Eropa, Anne C Clesson dan Joseph Ganne
Photo
: Agri

Sementara Ketua Panwaslu Kukar Jurit Kartono SH juga mengakui bahwa dalam masa kampanye partai tidak ditemukan kendala dan pelanggaran pemilu yang berat. "Semuanya dapat diselesaikan dengan baik-baik dan secara kekeluargaan," kata Jurit Kartono.

Pada pertemuan tersebut, baik Joseph maupun Anne cukup puas dengan penjelasan-penjelasan yang disampaikan Assisten I, Ketua KPU Kukar maupun Ketua Panwaslu Kukar terhadap persiapan Pemilu di daerah ini yang mereka nilai ditangani secara profesional dan bertanggung-jawab sesuai dengan azas-azas Pemilu 2004 yang jujur, berbeda dan terbuka.

Joseph Ganne didampingi rekannya Anne C Cleeson mengatakan, keberadaan mereka yang tergabung dalam European Union Election Observation Mission (EU EOM) atau Misi Pemantauan Pemilu Uni Eropa ke Indonesia adalah atas undangan dari KPU Pusat.

Selain mereka berdua, masih ada 62 orang anggota EU EOM lainnya yang disebar ke seluruh wilayah Indonesia untuk mengetahui persiapan-persiapan Pemilu di tiap provinsi, masa kampanye hingga pemungutan dan penghitungan suara.

Kemudian menjelang pelaksanaan Pemilu pada April mendatang, EU EOM akan menerjunkan 128 anggotanya untuk memantau proses jalannya pemungutan dan penghitungan suara. "Secara keseluruhan anggota EU EOM terdiri dari 200 orang pemantau. Kami berada di Indonesia hingga 15 April setelah pemungutan suara Pemilu 2004 berakhir," demikian kata Joseph Ganne yang masih akan melanjutkan kunjungannya ke kota-kota lain di Kaltim. (joe/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.