KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Seminar Sehari dan Lokakarya Masyarakat Seni Dibuka

Staf Ahli Bupati bidang Pariwisata Drs H Aji Muhammad saat membacakan sambutan Bupati H Syaukani HR pada pembukaan Seminar Sehari dan Lokakarya Masyarakat Seni Kukar

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 19/06/04 20:25 WITA
Seminar Sehari dan Lokakarya Masyarakat Seni Kutai Kartanegara yang diselenggarakan LSM JARI Indonesia Distrik Kukar, Komunitas Masyarakat Seni Kutai Kartanegara (Kukar), CSSP dan USAID, secara resmi dibuka oleh Bupati Kukar yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Pariwisata Drs H Aji Muhammad di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, tadi pagi.

Seminar sehari yang mengangkat tema 'Revitalisasi Peran dan Fungsi Seni Budaya Menyongsong Kutai Kartanegara sebagai Tujuan Wisata Internasional' ini diikuti 100 peserta dari kalangan praktisi seni, mahasiswa dan organisasi kepemudaan yang ada di Kukar.

Seminar yang dimoderatori Erwinsyah SE ini mengetengahkan 3 pembicara yakni Hermawan dari BAPPEDA Kukar, Azmidi dari Dinas Pariwisata Kukar dan Misra Budiarto dari Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) Tenggarong.


Suansan pembukaan Seminar dan Lokakarya Masyarakat Seni di Pendopo Odah Etam, Tenggarong
Photo: Yanda

Bupati Kukar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Drs H Aji Muhammad menyambut gembira digagasnya kegiatan Seminar dan Lokakarya ini. "Hal ini sangat membanggakan karena kegiatan ini digagas oleh kalangan muda yang peduli terhadap seni," ujar Bupati Kukar.

Dikatakan Bupati Syaukani, Pemkab Kukar saat ini bekerja keras untuk mengembangkan sektor pariwisata yang kelak menjadi andalan pendapatan bagi Kabupaten Kukar di masa depan jika sumber daya alam telah habis. Selain menyiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia bidang pariwisata, lanjut Bupati, berbagai promosi wisata seperti pameran di dalam bahkan luar negeri telah diikuti untuk memperkenalkan obyek wisata Kukar agar semakin dikenal di Indonesia dan mancanegara.

"Namun demikian, satu hal yang tidak boleh kita lupakan dalam mewujudkan Kukar sebagai tujuan wisata adalah sikap masyarakat terhadap para wisatawan. Kukar akan menjadi tujuan wisata yang menarik dan menyenangkan jika masyarakatnya ramah," kata Bupati Syaukani.


Penampilan Bengkel Seni Kutai Kartanegara yang cukup menghibur
Photo: Yanda

Syaukani juga menekankan perlunya membentuk kerjasama dengan daerah-daerah lain serta pihak agen travel dan wisata untuk mempromosikan Kukar. "Kalender pariwisata harus disusun bersama oleh para stakeholders bukan saja untuk Kukar, tetapi untuk wilayah Kalimantan Timur dan Indonesia," katanya.

Bupati Kukar juga berharap agar kalangan seniman sebagai ujung tombak pariwisata di Kukar dapat semakin mengelaborasi segala potensinya semaksimal mungkin. "Hal ini juga harus dilakukan oleh seluruh stakeholders pariwisata lainnya sehingga dapat bersinergi untuk mewujudkan Kukar sebagai tujuan wisata dunia," tandas Bupati H Syaukani HR dalam sambutan tertulisnya.

Sementara itu, dikatakan Muhammad Fatwa selaku Ketua Panitia bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai wahana tukar informasi antar seluruh stakeholders dalam kaitannya dengan proses percepatan pelaksanaan pembangunan sektor kepariwisataan di Kukar.

Selain itu, untuk membangun pemahaman bersama mengenai hak dan kewajiban bersama baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat, serta untuk menyerap aspirasi dari seluruh elemen guna tercapainya kemufakatan dalam peningkatan peran, fungsi serta dukungan bagi komunitas masyarakat seni dan budaya di masa mendatang.

"Rekomendasi yang dihasilkan dari seminar ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Pemkab Kukar terutama lembaga-lembaga yang terkait dengan rekomendasi tersebut," ujar M Fatwa.

Penampilan dari Bengkel Seni Kutai Kartanegara yang membawakan dua buah tembang balada dengan iringan alat musik tradisional, serta penampilan teater dari kelompok Bintek Tenggarong. (win/nop)


Para peserta dan hadirin Seminar Sehari dan Lokakarya Masyarakat Seni Kukar dengan serius menyimak sambutan Bupati Kukar yang disampaikan Drs H Aji Muhammad
Photo: Yanda


Aksi para seniman teater dari Bintek Tenggarong yang turut memeriahkan pembukaan Seminar Sehari dan Lokakarya Masyarakat Seni Kukar
Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.