KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pertemuan Warga dengan Unocal Deadlock

KutaiKartanegara.com 19/02/04 16:20 WITA
Pertemuan yang difasilitasi DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) antara perusahaan migas Unocal dengan pihak masyarakat petambak dan nelayan dari Desa Tanjung Sembilan, Handil Baru dan Desa Senipah, Kecamatan Samboja, yang meminta ganti rugi atas pencemaran lingkungan yang dilakukan Unocal saat melakukan kegiatan seismik tahun 2001 lalu berakhir tanpa ada kesepakatan yang berarti alias deadlock di Tenggarong kemarin (18/02).

Untuk mencari jalan keluarnya kedua belah pihak oleh DPRD Kukar akan dijadwalkan kembali melakukan pertemuan serupa paling lambat awal Maret mendatang. Pertemuan yang disimpulkan oleh Suwarno wakil dari pihak Unocal sebagai "sepakat untuk tidak sepakat" ini menurutnya bahwa Unocal tetap pada pendiriannya yaitu tidak akan memberikan ganti rugi kepada petani/petambak dalam bentuk uang.

Namun pihaknya akan memberikan bantuan kepada warga dalam bentuk kegiatan proyek community development (comdev) yang sudah menjadi kebijakan perusahaan serta sesuai dengan Undang-Undang Migas.

"Jadi kebijakan ganti rugi dalam bentuk uang kontan akibat pencemaran yang dilakukan perusahaan tambang migas di Indonesia memang tidak ada. Sebagai gantinya maka setiap perusahaan migas harus melakukan kegiatan proyek comdev dalam bentuk proyek nyata dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat banyak," kata Suwarno.

Ditambahkannya pula bahwa pencemaran maupun kerusakan lingkungan akibat kegiatan seismik itu ternyata tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Hal ini berdasarkan penelitian oleh tim independen yang terdiri dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapeldalda) Kukar dan Kaltim serta perguruan tinggi di Kaltim lainnya.

"Oleh sebab itu kami menolak semua tuntutan warga yang meminta ganti rugi secara langsung terutama dalam bentuk uang. Kebijakan perusahaan kami adalah memberikan kegiatan proyek nyata dalam bentuk comdev yang dapat dirasakan seluruh warga. Demikian katanya.

Sementara Ketua LSM Forum Pemuda Muara Jawa, E Sutrisno Mandrofa sekaligus bertindak sebagai juru bicara dan kuasa hukum warga mengatakan, seandainya Unocal tidak memberikan ganti rugi dalam bentuk uang kepada masing-masing warga yang terkena dampak pencemaran itu, maka pihaknya bisa menerima asal proyek comdev Unocal tersebut berdampak langsung kepada warga yang dirugikan selama ini.

Menurut Sutrisno, proyek comdev yang diluncurkan Unocal selama ini adalah proyek yang dapat dinikmati semua masyarakat termasuk yang tidak terkena dampak pencemaran. Yang kami tuntut ganti ruginya adalah proyek comdev yang benar-benar ditujukan secara khusus kepada para petambak/nelayan yang terkena dampak langsung atas pencemaran itu.

"Bentuknya ya terserah Unocal tetapi akan lebih baik comdevnya dalam bentuk uang kontan. Yang jelas penderitaan dan kerugian yang dialami nelayan/petambak akibat pencemaran itu dapat ditutupi," kata Sutrisno.

Ditambahkannya, bila dikalkulasikan dalam bentuk uang atas kerugian yang ditanggung 175 kepala keluarga nelayan/petambak di 3 desa akibat pencermaran itu tidak kurang Rp 18 milyar. Sedang bentuk kerugian secara nyata yang dialami warga pada saat kegiatan seismik dilakukan adalah semua ikan/udang di tambak pada saat itu mati.

Kemudian banyak sarana nelayan dan petambak yang rusak dan terakhir selama 6 bulan sesudah kegiatan seismik dilakukan ikan menghilang meninggalkan laut disekitar perairan ketiga desa itu. "Ini kan semua dampaknya nyata bagi kerugian warga, masa perusahaan raksasa seperti Unocal tidak peduli dengan penderitaan rakyat miskin," katanya.

Pertemuan di DPRD Kukar yang dipimpin Ketua Komisi A DPRD Kukar Djanto Wahyudi kemarin merupakan pertemuan pertama yang dihadiri pihak Unocal sedang bagi warga merupakan yang ketiga kalinya. Hadir dalam pertemuan selain beberapa anggota DPRD Kukar juga tokoh masyarakat Kecamatan Samboja dan kepala dinas/instansi dan bagian terkait di lingkungan Pemkab Kukar. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.