KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Agustus 2004

206 Penghuni Lapas Dapat Remisi, 23 Orang Bebas

Bupati Kukar H Syaukani HR saat memimpjn upacara pemberian remisi bagi 206 narapidana yang menghuni Lapas Tenggarong
Photo
: Yanda

KutaiKartanegara.com 17/08/04 18:09 WITA
Banyak hikmah yang diperoleh pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini, salah satunya adalah bagi mereka yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B, Tenggarong.

Sebanyak 206 narapidana (napi) dari 534 orang penghuni Lapas tersebut memperoleh kado berupa Remisi dari Pemerintah RI. Dari jumlah tersebut, 23 orang diantaranya memperoleh remisi bebas dan sisanya sebanyak 183 orang mendapatkan remisi pengurangan masa tahanan mulai dari 1 hingga 5 bulan.

Penyerahan remisi kepada 206 napi tersebut dilaksanakan tadi pagi oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM dalam suatu upacara yang berlangsung di lapangan bulutangkis Lapas II-B Tenggarong. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Syaukani menyerahkan surat pembebasan secara simbolis masing-masing kepada Rico Voster mewakili napi pria dan Yustina mewakili napi wanita. 


Bupati Syaukani menyerahkan surat pembebasan secara simbolis kepada Rico Voster
Photo: Yanda

Menurut Kepala Lapas II-B Tenggarong, Drs Aboe Asfari Bc Ip, banyak hal positif yang terkandung dalam pemberian remisi ini, diantaranya sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam memaknai hak azasi manusia (HAM) sekaligus melindungi kepentingan masyarakat.

Disamping itu secara psikologis mempunyai pengaruh dalam menekan tingkat frustasi para napi. Sedang syarat utama untuk mendapatkan remisi, lanjut Aboe, napi tersebut telah menjalani hukuman sedikitnya selama 6 bulan serta berkelakuan baik atau tidak melanggar aturan selama menjalani hukuman di Lapas.

Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutannya berharap agar napi yang telah bebas tidak akan kembali lagi untuk menghuni Lapas dan meminta mereka untuk dapat berpartisipasi aktif dalam membangun daerah melalui program Gerbang Dayaku (Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai).

"Saya mengajak untuk mendukung program ini dengan cara tidak mengulangi kesalahan dan berusaha menumbuhkan kesadaran, memperbaiki diri untuk berbuat yang lebih baik lagi di masa mendatang," demikian kata Syaukani. (joe/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.