KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli 2004

Banyak Golput, SBY-JK Menang di Kutai Kartanegara


Sumber: KPU Kukar | Grafis: Agri

KutaiKartanegara.com 15/07/04 18:58 WITA
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusung Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK), secara tak terduga unggul di daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang berlangsung 5 Juli 2004 lalu.

Padahal pasangan Wiranto dan Salahuddin Wahid yang diusung Partai Golkar diprediksikan bakal unggul di Kukar, menyusul kemenangan Partai Golkar di daerah ini pada Pemilu Legislatif 5 April 2004 yang mencapai 55% suara.

Duet Capres-Cawapres SBY-JK berhasil meraup 85.725 suara atau unggul 9.073 suara dari pasangan Wiranto-Wahid yang hanya mampu meraih posisi kedua dengan perolehan 76.652 suara. Sementara posisi ketiga ditempati pasangan Mega-Hasyim dengan 51.089 suara, Amien-Siswono 38.210 suara dan Hamzah-Agum 4.794 suara.

Yang menarik, dari 18 wilayah kecamatan se-Kukar pasangan SBK-JK hanya unggul di 7 kecamatan. Berbeda dengan pasangan Wiranto-Wahid yang unggul di 9 PPK. Pasangan SBY-JK unggul di Kecamatan Muara Wis, Muara Badak, Marang Kayu, Loa Janan, Sanga-Sanga, Muara Jawa dan Samboja.

Sedang pasangan Wiranto-Wahid unggul di Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Kembang Janggut, Tabang, Kenohan, Muara Kaman, Kota Bangun dan Muara Muntai.

Hasil akhir proses perhitungan suara pilpres di Kukar ini berdasarkan kesimpulan Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar yang digelar Rabu (14/07) kemarin yang dipimpin anggota KPU Kukar Mochtar Zainuddin SH didampingi anggota lainnya seperti Machlan Marwan, Arief Endang Dwi Wahyuni SH dan Rinda Desianti SSos MSi.

Kegiatan yang berlangsung di Sekretariat KPU Kukar ini dihadiri pula oleh para saksi dan tim sukses masing-masing pilpres, Panwaslu Kukar, pejabat Pemkab Kukar dan unsur Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kukar.

Hal yang cukup menarik dari hasil akhir KPU Kukar terhadap perhitungan suara pilpres adalah tingginya jumlah pemilih yang tidak mencoblos alias golongan putih (golput) yakni mencapai 91.657 suara. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari perolehan suara yang mampu diraih pasangan SBY-JK!

Menurut data KPU Kukar, jumlah pemilih di daerah ini sebanyak 351.911 orang namun yang mencoblos pada pilpres 5 Juli tadi hanya 260.254 orang atau 73,95% saja. Dan dari seluruh pemilih yang mencoblos, sebanyak 3.786 suara dinyatakan rusak atau tidak sah. (win/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.