Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Terima Remisi Kemerdekaan, 18 Napi Lapas Tenggarong Bebas

Bupati Kukar Rita Widyasari menerima SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang pemberian remisi bagi warga binaan Lapas Tenggarong yang diserahkan Kepala Lapas II B Tenggarong, M IksanBupati Kukar Rita Widyasari menerima SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang pemberian remisi bagi warga binaan Lapas Tenggarong yang diserahkan Kepala Lapas II B Tenggarong, M Iksan
Photo: Humas Kukar/Rahman


Bupati Rita Widyasari mengucapkan selamat kepada warga binaan Lapas Tenggarong yang akan dibebaskan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-69
Bupati Rita Widyasari mengucapkan selamat kepada warga binaan Lapas Tenggarong yang akan dibebaskan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-69
Photo: Humas Kukar/Rahman

KutaiKartanegara.com - 18/08/2014 16:11 WITA
Sebanyak 18 orang warga binaan atau narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tenggarong menerima remisi umum II (RU II) dan langsung bebas di hari kemerdekaan, Minggu (17/08) kemarin.


Sementara 380 warga binaan lainnya menerima remisi umum I (RU I) dengan pemotongan masa tahanan yang bervariasi, mulai dari 1 bulan, 2, 3, 4 dan 6 bulan, terhitung mulai tanggal 17 Agustus 2014.


Pemberian remisi kemerdekaan ini dilakukan dalam sebuah upacara yang dipimpin Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari di lapangan voli Lapas Tenggarong, Sabtu (16/08) pagi.


Dalam upacara ini, Kepala Lapas Tenggarong M Iksan terlebih dahulu menyerahkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Republik Indonesia tentang pemberian remisi kepada Bupati Rita Widyasari.


Selanjutnya, Bupati Rita Widyasari secara simbolis menyerahkan SK pemberian remisi kepada perwakilan warga binaan Lapas Tenggarong, baik yang hanya menerima pengurangan masa tahanan maupun yang akan dibebaskan.


Menkumham RI Amir Syamsudin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Rita Widyasari mengatakan, rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan menjadi milik segenap lapisan masyarakat, tak terkecuali para warga binaan.


Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana atau remisi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, disertai dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan, serta telah memenuhi syarat yang ditentukan.


Menurut Menkumham RI, remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong narapidana untuk berperilaku baik selama menjalani pidana. "Karena remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik. Mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib tidak akan mendapatkan remisi," tegasnya.


Ditambahkannya, pemberian remisi bukanlah suatu bentuk kemudahan bagi warga binaan untuk dapat cepat bebas. "Melainkan suatu sarana untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus memotivasi diri, sehingga dapat mendorong warga binaan kembali memilih jalan kebenaran," demikian kata Menkumham seperti disampaikan Bupati Rita Widyasari.


Sementara menurut Kepala Lapas Tenggarong, M Iksan, kapasitas Lapas Tenggarong idealnya hanya bisa menampung 300 orang warga binaan. Namun, hingga saat ini total penghuni Lapas Tenggarong berjumlah 948 orang.


"Penuhnya Lapas ini selain dihuni warga binaan dari Tenggarong, juga disebabkan adanya titipan warga binaan dari daerah lain seperti Kutai Timur, Bontang dan Kutai Barat," ujarnya.


Jumlah warga binaan di Lapas Tenggarong, lanjut Iksan, selalu mengalami peningkatan dari per hari, per bulan bahkan per tahun. "Jadi tidak ada penurunan jumlah penghuni Lapas Tenggarong," pungkasnya. (man/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kunjungan Kerja Perdana Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono ke Kukar
Disangka Tidur di Pinggir Jalan, Pemulung Ini Ternyata Meninggal Dunia
 
Enggan Pilih Politisi Sebagai Wabup Sisa Masa Jabatan, Ini Alasan Edi Damansyah
Mutasi Perdana di Tahun 2020, 142 Pejabat Dilantik Bupati Edi Damansyah
 
Kelola Jasa Kepelabuhan, Perusda Tunggang Parangan Jalin Kerja Sama Dengan PT PTB
PHM Menjawab Tantangan Produksi 2019 dengan Inovasi
 
Kaki Dilumpuhkan Timah Panas, Maling Yang Bawa Golok Terekam CCTV Akhirnya Ditangkap Polisi
Sepanjang Tahun 2019, Polres Kukar Tangani 494 Kasus Kriminalitas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Hari Guru Nasional 2019: Ini Sambutan Nadiem Makarim Yang Bikin Para Guru Bersorak Riuh dan Bertepuk Tangan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com