KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

TotalFinaElf Presentasikan Hasil Penelitian Delta Mahakam


Sebagian kawasan Delta Mahakam dilihat dari udara
Image courtesy of FOSI

KutaiKartanegara.com 20/05/03
Setelah melakukan studi penelitian secara mendalam dan menyeluruh selama 7 bulan terhadap kawasan Delta Mahakam terutama pada bidang masalah sosial, ekonomi dan lingkungan maka disimpulkan bahwa Delta Mahakam kini sedang diambang kehancuran.

Namun demikian kesempatan untuk membenahi delta mahakam agar berfungsi sebagaimana dikehendaki seperti kawasan hijau hutan mangrove atau sebagai penghambat abrasi dan gangguan alam lainnya yang datang dari laut maka peluang untuk membenahi kawasan delta mahakam masih terbuka asal para stakeholder yang memanfaatkan delta mahakam dapat saling berkoordinasi dan memiliki komitmen yang sama.

Demikian terungkap pada hasil studi penelitian terhadap kawasan di delta Mahakam yang dilakukan oleh LSM baik yang berasal dari dalam dan luar negeri seperti CIRAD serta LSM lokal Kaltim Bebsic yang disponsori perusahan bagi hasil pertamina TotalFinaelf kemarin (19/05) di ruang sidang utama DPRD Kutai Kartanegara, Tenggarong. Presentasi penelitian Delta Mahakam ini disampaikan Mr Robin dari CIRAD dihadiri Wakil Ketua DPRD Kukar H Ifni Djuraidi SSos MM beserta segenap anggota DPRD Kukar.

Menurut tokoh LSM Bebsic Kaltim Fazrin Rahmadani, untuk penelitian lingkungan 15 hingga 10 tahun lalu banyak ditemukan di Delta Mahakam satwa seperti Bekantan namun saat ini binatang tersebut sulit ditemukan, mereka pergi entah kemana. Ini menunjukkan bahwa delta mahakam yang luasnya 150 ribu hektar itu kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Sementara untuk studi bidang ekonomi banyak ditemukan usaha tambak rakyat produksinya semakin menurun dari tahun ke tahun, disamping semakin intensifnya perusahaan migas melakukan kegiatan operasinya dengan demikian masalah sosial juga meningkat pula.

Identik dengan peningkatan kegiatan baik sosial maupun ekonomi di delta mahakam ini maka wajar terjadi perubahan lingkungan yang signifikan di kawasan tersebut. Yang jelas dari 150 hektar luasan delta mahakam 70 hingga 80 persen kawasan tersebut kondisinya memperihatinkan.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kukar H Ifni Djuraidi mengharapkan Pemkab Kukar dan bersama pihak terkait segera melakukan pembenahan delta mahakam antara lain segera membuat tata ruang kawasan yang lebih detil dan up to date.

Kemudian melakukan reboisasi massal terhadap hutan mangrove dan oencegahan abrasi pantai-pantai di delta mahakam. Ifni Djuraidi juga minta tim terpadu pengelolaan delta mahakam bentukan Pemkab Kukar segera mempelajari hasil penelitian yang dilakukan LSM. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.