KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Sosialisasikan Pelestarian Delta Mahakam

Kawasan hutan bakau di Delta Mahakam yang telah rusak berat

KutaiKartanegara.com 24/02/03
Runyamnya kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di kawasan delta Mahakam saat ini akibat konversi hutan bakau menjadi daerah tambak udang dan pengeboran minyak, membuat Pemkab Kukar harus melakukan berbagai tindakan preventif agar kerusakan lingkungan di kawasan tersebut tidak semakin parah atau menjadi-jadi.

Salah satu upaya yang telah dilakukan Pemkab Kukar adalah dengan melakukan sosialisasi pengelolaan lingkungan hidup kepada stake holder yang memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di kawasan delta Mahakam tersebut.

Sosialisasi pelestarian lingkungan hidup delta Mahakam ini dilakukan tadi siang di Sungai Meriam, Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara yang dibuka dan disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Kukar bidang Pertanahan dan Lingkungan, Ir Chalid Imran, dengan diikuti para pengusaha tambak dan petani, perusahaan migas yang beroperasi di delta Mahakam, nelayan, aparat desa dan kecamatan serta LSM pemerhati lingkungan hidup.


Hasil citra satelit tahun 1997 terhadap salah satu kawasan delta Mahakam yang menggambarkan beberapa titik kerusakan hutan bakau

Menurut Ir Chalid Imran, sosialisasi ini didorong oleh berbagai laporan dari kelompok pencinta lingkungan hidup yang telah melakukan observasi terhadap kawasan delta Mahakam. Kerusakan hutan bakau di kawasan ini dibuktikan pula dengan hasil citra satelit tahun 1999 lalu yang menggambarkan kawasan delta Mahakam dengan luas sekitar 150.000 hektar kini 80 % menjadi kawasan yang terbuka dimana sebelumnya dipenuhi oleh hutan bakau / mangrove.

Kendati kawasan delta Mahakam ini terdiri dari ratusan ribu hektar hutan mangrove, jutaan ton endapan lumpur, dan puluhan pulau kecil yang terpencil dan tidak berpenghuni namun potensi sumber daya alamnya sangat kaya seperti kandungan migas dan beragam potensi perikanan laut serta potensi kehutanan.


Hutan bakau yang masih terjaga kelestariannya

Menurut Ir Chalid Imran, Pemkab Kukar tidak pernah henti-hentinya melakukan upaya pelestarian kawasan delta Mahakam karena kawasan tersebut merupakan jantung berkembangnya ekosistem biota laut yang perlu dijaga eksistensinya. Fungsi delta Mahakam lainnya kata Chalid Imran adalah sebagai ujung tombak dalam meredam gelombang dan badai serta sebagai pelindung terhadap abrasi atau pengikisan yang setiap tahun terus meningkat. Disamping itu delta Mahakam juga berperan sebagai kawasan penyangga untuk menetralkan berbagai polusi yang keluar dan masuk ke Sungai Mahakam.

"Melalui sosialisasi ini diharapkan kepedulian pihak stake holder di delta Mahakam dapat menjaga lingkungan dengan melakukan reboisasi dan rehabilitasi lingkungan tersebut dan tidak mengeksploitasi secara berlebihan potensi SDA-nya." demikian kata Chalid Imran. (win/joe)

 

Images courtesy of LCLUC Indonesia

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.