Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
 
Seni Budaya
Seni Musik
Gambaran Umum
Seni Arsitektur
Seni Drama
Seni Kriya
Seni Musik
Seni Pahat
Seni Tari Dayak
Seni Tari Kutai
 
 

 

 

 

 

Seni Budaya | Seni Musik SENI MUSIK DAYAK

Suku Dayak memiliki bermacam-macam alat musik, baik berupa alat musik petik, pukul dan tiup. Dalam kehidupan sehari-hari suku di pedalaman ini, musik juga merupakan sarana yang tidak kalah pentingnya untuk penyampaian maksud-maksud serta puja dan puji kepada yang berkuasa, baik terhadap roh-roh maupun manusia biasa. Selain itu musik alat-alat musik ini digunakan untuk mengiringi bermacam-macam tarian.

Seperti halnya dalam seni tari, pada seni musik pun mereka memiliki beberapa bentuk ritme, serta lagu-lagu tertentu untuk mengiringi suatu tarian dan upacara-upacara adat tertentu. Masing-masing suku memiliki kekhasannya sendiri-sendiri. Berikut adalah alat-alat musik yang biasa digunakan masyarakat Dayak:

Gendang
Ada beberapa jenis Gendang yang dikenal olehsuku Dayak Tunjung:
- Prahi
- Gimar
- Tuukng Tuat
- Pampong


Genikng
Sebuah gong besar yang juga digantungkan padasebuah standar (tempat gantungan) seperti halnya gong di Jawa.


Gong
Sama seperti gong di Jawa, dengan diameter sekitar 50 hingga 60 cm


Glunikng
Sejenis alat musik pukul yang bilah-bilahnyaterbuat dari kayu ulin. Mirip alat musik saron di Jawa.


Jatung Tutup
Gendang besar dengan ukuran panjang 3 m dandiameter 50 cm


Jatung Utang
Sejenis alat musik pukul dari kayu yang berbentuk gambang. Memiliki 12 kunci, tergantung dari atas sampai bawah dan dimainkan dengan kedua belah tangan.


Kadire
Alat musik tiup yang terbuat dari pelepahbatang pisang dan memiliki 5 buah pipa bambu yang dibunyikan dengan mempermainkan udara pada rongga mulut untuk menghasilkan suara dengung.


Klentangan
Alat musik pukul yang terdiri dari enam buah gong kecil tersusun menurut nada-nada tertentu pada sebuah tempat dudukan berbentuk semacam kotakpersegi panjang (rancak). Bentuk alat musik ini mirip dengan bonang di Jawa. Gong-gongkecil terbuat dari logam sedangkan tempat dudukannya terbuat dari kayu.


Sampe
Sejenis gitar atau alat musik petik dengandawai berjumlah 3 atau
4. Biasanya diberi hiasan atau ukiran khas suku Dayak.


Suliikng
Alat musik tiup yang terbuat dari bambu. Ada beberapa jenis suliikng:
- Bangsi / Serunai
- Suliikng Dewa
- Kelaii
- Tompong

Taraai
Sebuah gong kecil yang digantungkan padasebuah standar (tempat gantungan). Alat pemukul terbuat dari kayu yang agak lunak.
Uding (Uring)

Sebuah kecapi yang terbuat dari bambu ataubatang kelapa. Alat musik ini dikenal juga sebagai Genggong (Bali) atau Karinding



SENI MUSIK KUTAI

Seni Suara/Musik Kutai banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islam. Diantaranya adalah:

1. Musik Tingkilan
Seni musik khas suku Kutai adalah musik Tingkilan, kesenian ini memiliki kesamaan dengan kesenian rumpun Melayu. Alat musik yang digunakan adalah Gambus (sejenis gitar berdawai 6), ketipung (semacam kendang kecil), kendang (sejenis rebana yang berkulit sebidang dan besar) dan biola.

Musik Tingkilan disertai pula dengan nyanyian yang disebut betingkilan. Betingkilan sendiri berarti bertingkah-tingkahan atau bersahut-sahutan. Dahulu sering dibawakan oleh dua orang penyanyi pria dan wanita sambil bersahut-sahutan dengan isi lagu berupa nasihat-nasihat, percintaan, saling memuji, atau bahkan saling menyindir atau saling mengejek dengan kata-kata yang lucu. Musik Tingkilan ini sering digunakan untuk mengiringi tari pergaulan rakyat Kutai, yakni Tari Jepen.

2. Hadrah
Kesenian ini mempergunakan alat musik terbang atau rebana. Kesenian ini dibawakan sambil menabuh terbang tersebut disertai nyanyian dalam bahasa Arab yang diambil dari kitab Barjanji. Kesenian ini umumnya ditampilkan untuk mengarak pengantin pria menuju ke rumah mempelai wanita, selain itu juga sering ditampilkan pada perayaan hari-hari besar Islam.

 

 

       

Username  
Password  
   

Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!

             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com