KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info Singkat "Odah Etam"

Kutai Kartanegara Capai Swasembada Pangan
Beras Hasil Olahan RPU Kutai Kartanegara
Beras hasil olahan RPU Kutai Kartanegara

KutaiKartanegara.com 15/10/02
Salah satu komoditi unggulan Kutai Kartanegara yakni padi selama periode Januari hingga September 2002 mencapai puncak produksinya hingga 157.610 ton gabah kering giling atau setara dengan 102.446 ton beras.

Dari jumlah itu berasal dari produksi padi sawah 137.993,97 ton dan padi ladang 19.616.09 ton. Komoditas tersebut dihasilkan melalui 10 sentra pengembangan padi sawah terbesar di Kukar masing-masing di Kecamatan Samboja, Anggana, Loa Janan, Marangkayu, Loa Kulu, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman, Kota Bangun dan Tenggarong.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kutai Kartanegara, H. Awang Samidin, kebutuhan konsumsi beras untuk Kukar sendiri dalam tahun 2002 ini diperkirakan sebesar 48.855 ton beras, dengan demikian Kukar surplus atau swasembada beras sekitar 53.591 ton beras.

Menyinggung tentang antisipasi penurunan harga gabah saat panen raya yang diperkirakan puncaknya jatuh pada saat menjelang akhir tahun ini,  Awang Samidin meminta petani agar tidak terlalu merisaukannya karena Pemda siap untuk membeli berapapun produksi petani dengan harga yang kompetitif atau rata-rata di atas harga dasar untuk memasok Rice Processing Unit (RPU) milik Pemkab Kukar yang sangat memerlukan gabah. RPU milik Pemkab Kukar yang berbasis teknologi tinggi asal Korea ini mampu menghasilkan beras kristal kualitas eksport dengan kapasitas 5 ton/jam di Kecamatan Tenggarong Seberang. (joe)

Berita Terkait:
RPU Kutai Kartanegara Diresmikan (19/08/02)
 

 

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.