KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

MedioCom; Your one stop shop for content

Tenggarong.com

Info "Odah Etam"

Syaukani Usulkan Kecamatan Anggana Menjadi Kutai Lama

Wilayah Kecamatan Anggana
Grafis: Agri, 2001

KutaiKartanegara.com 13/11/02
Bupati Kutai Kartanegara, Drs H Syaukani HR MM mengusulkan kepada tokoh masyarakat Anggana untuk mengubah nama Kecamatan Anggana menjadi Kecamatan Kutai Lama. Hal tersebut dikatakannya ketika memberikan sambutan pada pemancangan tiang pondasi utama pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Sungai Meriam, ibukota Kecamatan Anggana dengan Desa Kutai Lama hari Sabtu (9/11) lalu.

Nama Kutai Lama menurut Syaukani memiliki nilai historis yang sangat tinggi ketimbang nama Anggana yang ternyata diberikan nama oleh pemerintah jajahan Hindia Belanda pada masa lalu.

"Saya mengharapkan agar masyarakat terutama tokoh-tokohnya dalam waktu dekat merembukkan perubahan nama kecamatan ini untuk kemudian dibicarakan dengan pihak DPRD agar dapat dibuatkan peraturan daerahnya" kata Syaukani.


Bupati Kukar H. Syaukani HR memecahkan kendi di tiang pancang jembatan Aji Bhatara Agung Dewa Sakti.
photo: Joe, 2002

Sementara itu Syaukani dalam acara pemancangan tiang utama pembangunan jembatan yang ditandai dengan pemecahan kendi berisi air mawar ke tiang pancang mengusulkan kepada masyarakat setempat untuk memberi nama jembatan yang akan dibangun tersebut dengan nama Jembatan Aji Bhatara Agung Dewa Sakti. Nama ini menurut Syaukani merupakan nama Raja Pertama dari Kerajaan Kutai Kartanegara yang memerintah di Desa Kutai Lama sebelum pindah ke Tenggarong.

Jembatan yang akan dibangun selama dua tahun anggaran ini menurut pimpronya Awang Sakti diharapkan selesai dalam waktu 18 bulan dengan biaya pembangunan sebesar Rp. 55 milyar. Jembatan ini akan menggunakan konstruksi baja sepanjang 210 meter dan lebar 7 meter dengan tinggi 15 meter dari muka air pasang.

"Lalu lintas angkutan sungai dibawah jembatan terutama ponton batubara tidak akan mengalami hambatan dengan adanya jembatan ini karena bentang jembatan sangat lebar dan tinggi yang cukup." kata Awang Sakti. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.