KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Pekan Imunisasi Nasional 2002

Bayi dan Anak di Kabupaten Kutai Kartanegara Bebas Polio

KutaiKartanegara.com (13/09/02)
Pekan Imunisasi Nasional 2002 secara serentak mulai dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 12 September 2002 kemarin. Di wilayah Kutai Kartanegara, pencanangan PIN 2002 ini dipusatkan di Pasar Seni Tenggarong yang ditandai dengan pemberian imunisasi secara simbolis oleh Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR, MM   kepada 2 bayi yang hadir.

Sebanyak 49.290 bayi dan anak balita Kutai Kartanegara ditargetkan akan mendapatkan imunisasi bebas polio dan kebutaan yang dapat diperoleh di 657 Pos PIN di seluruh wilayah kecamatan Kukar, dengan dukungan 1.972 Kader dan 657 Supervisor dari Dinas Kesehatan.

Drs. H. Abubakar HA selaku Ketua panitia melaporkan Pekan Imunisasi Nasional di Kukar mengambil tema "Dengan Semangat Gerbang Dayaku Ayo Etam Sukseskan PIN Tahun 2002 Agar Bayi dan Anak Di Kukar Bebas Dari Penyakit Polio dan Kebutaan". Lebih lanjut Abubakar mengatakan bahwa penyakit Polio adalah penyakit lumpuh layuh (lemas) pada otot-otot tubuh yang disebabkan oleh infeksi Virus Polio. Gejalanya bervariasi, mulai dan tanpa gejala sampai adanya kelumpuhan yang bersifat lemas tanpa mengganggu saraf perasa, biasanya pada tungkai bawah dan bersifat menetap selamanya, dan penyakit ini hanya menyerang manusia.

Dilaksanakannya PIN ini secara umum adalah guna memutuskan tali rantai penularan Virus Polio untuk mempercepat eradikasi polio, sedangkan secara klausus menghilangkan Virus Polio liar (WPV), meningkatkan cakupan pemberian Vitamin A serta meningkatkan cakupan imunisasi campak di desa/kelurahan resiko tinggi penyakit campak. Dengan sasaran semua balita umur 0-59 bulan, termasuk bayi yang baru lahir masing-masmg 2 tetes vaksin polio pada bulan September dan Oktober 2002, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Kemudian semua bayi umur 6-11 bulan mendapat 1 kapsul Vitamin A warna biru dan semua balita umur 12-59 bulan mendapat 1 kapsul Vitamin A Warna merah. Apabila belum mendapatkannya pada bulan Agustus 2002, semua balita usia 9-59 bulan di desa/kelurahan resiko tinggi campak mendapatkan imunisasi campak pada bulan Oktober 2002. Sasaran desa/kelurahan resiko tinggi campak adalah 30% dari seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam sambutannya Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR, MM mengatakan bahwa pelaksanaan PIN ini sesuai dengan program Gerbang Dayaku yaitu menciptakan masyarakat Kutai Kartanegara sehat 2008 dan sehat Indonesia 2010, dan dengan pelaksanaan PIN 2002 ini, maka anak dan bayi Kukar akan terbebas dari Polio dan kebutaan. (win/bet)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.