KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

MedioCom; Your one stop shop for content

Tenggarong.com

Jelang Erau 2002 Kutai Kartanegara

Peneliti Sejarah Kerajaan Asal Belanda Kembali Kunjungi Tenggarong
Sultan Salehuddin II menerima persembahan foto dari Donald Tick
Sultan H.A.M. Salehuddin II ketika menerima persembahan dari Donald Tick berupa foto pernikahan Sultan Alimuddin tahun 1886

KutaiKartanegara.com (10/09/02)
Peneliti sejarah kerajaan asal Belanda Mr. Donald Pietro Tick akan melakukan kunjungan ke kota Tenggarong untuk yang kedua kalinya pada tanggal 20 September 2002 yang akan datang.

Kunjungan kali ini khusus untuk menyaksikan jalannya Festival Keraton Nusantara III. Event budaya keraton ini sudah mendapat perhatian yang cukup besar besar dari Donald Tick semenjak FKN digelar di Yogyakarta dan Cirebon, hal ini dikarenakan institusi yang dipimpinnya yaitu PUSAKA (Pusat Dokumentasi Kerajaan di Indonesia) memang berkonsentrasi pada dokumentasi sejarah kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Hingga saat ini, telah tercatat lebih dari 5000 foto bertema kerajaan  di Indonesia berhasil dikumpulkan pria ini. Tak heran jika Donald Tick sangat memahami seluk-beluk sejarah kerajaan-kerajaan di nusantara, bahkan di Brunei, Malaysia maupun Philippina.

Donald Tick yang datang untuk pertama kalinya ke kota Tenggarong  pada tanggal 24 Juli lalu didampingi Raja Kupang Leopold Nicolaas Isu Nisnoni dalam rangka penelitian sejarah Kerajaan Kutai setelah sebelumnya melakukan riset sejarah kerajaan di pulau Timor selama 3 minggu. Dalam kunjungan di Tenggarong, Donald Tick sempat diterima oleh Sultan Kutai Kartanegara H.A.M. Salehuddin II, Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR, Sekretaris Umum Panitia FKN III H.A. Surya Dharma, budayawan Fred Wetik serta para anggota keluarga kerajaan. Cukup banyak informasi yang diperoleh dari kunjungan ke Tenggarong beberapa waktu lalu, Donald Tick mengaku sangat puas dan terkesan dengan keramah-tamahan yang diberikan masyarakat Kutai, terlebih dari Sultan H.A.M. Salehuddin II yang begitu bersahabat dan terbuka terhadap dirinya.

Sultan H.A.M. Salehuddin II sedang memperhatikan sebuah buku bersejarah tentang Kutai
Sultan H.A.M. Salehuddin II sedang memperhatikan sebuah buku bersejarah tentang Kutai

Ketika berkunjung di kediaman Sultan H.A.M. Salehuddin II (25/7),   Donald Tick memberikan persembahan istimewa kepada Sultan yang jika ditimbang beratnya mencapai hampir 8 kg yakni berupa buku-buku sejarah Kutai yang ditulis dalam bahasa Belanda, Inggris dan Jerman, kliping artikel Kerajaan Kutai yang diambil dari majalah/koran terbitan tahun 1930an, serta beberapa foto hitam-putih Kutai tempo doeloe. Sultan H.A.M. Salehuddin II cukup terharu ketika menerima persembahan foto pernikahan kakeknda dan neneknda beliau yang dibuat pada tahun 1886.

Sementara itu pada saat kunjungan ke Pendopo Odah Etam (26/7), Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR MM sangat tertarik dengan institusi pimpinan Donald Tick yang mengkhususkan diri pada dokumentasi kerajaan seluruh Indonesia. Dalam pertemuan yang berjalan selama 45 menit itu, Bupati meminta bantuan Donald Tick untuk menginventarisir dokumen-dokumen maupun arsip-arsip mengenai Kerajaan Kutai Kartanegara yang tersebar di beberapa institusi budaya di Belanda. Bupati berniat untuk mengembalikan seluruh dokumentasi serta arsip-arsip bersejarah Kutai ke bumi Kutai Kartanegara.

Donald Tick saat ini telah menghubungi seluruh institusi budaya serta museum-museum yang terdapat di Leiden, Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam untuk menghimpun dokumentasi-dokumentasi bersejarah yang berkaitan dengan Kutai di masa lalu. Menurut Donald, memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendata seluruh dokumentasi Kutai tersebut, namun dia akan membantu dengan seluruh kemampuan terbaiknya.

Donald Tick akan tiba di Balikpapan langsung dari Amsterdam pada tanggal 20 September 2002 dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Pria berusia 41 tahun ini akan membawa beberapa koleksi foto-foto lama kerajaan Kutai yang akan disertakan pada pameran foto "The Old Koetai Kartanegara" serta akan kembali membawakan persembahan untuk Sultan H.A.M. Salehuddin II berupa buku-buku dan foto-foto lama untuk koleksi Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.