Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Kukar Buka Seminar dan Silaturahmi Ramadhan Asmaul Husna

Suasana kegiatan Seminar dan Silaturahmi Ramadhan Asmaul Husna di Puri Agung, Hotel Sahid Jaya, Jakarta, tadi siangSuasana kegiatan Seminar dan Silaturahmi Ramadhan Asmaul Husna di Puri Agung, Hotel Sahid Jaya, Jakarta, tadi siang
Photo: Joe


Bupati Kukar H Syaukani HR menyerahkan bantuan Al Qur'an berhuruf Braille kepada pengurus Qori/Qoriah Tuna Netra
Bupati Kukar H Syaukani HR menyerahkan bantuan Al Qur'an berhuruf Braille kepada pengurus Qori/Qoriah Tuna Netra
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 08/10/2006 20:49 WITA
Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan serta memperingati hari jadi kota Tenggarong ke-224, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini menggelar kegiatan Seminar dan Silaturahmi Ramadhan Asmaul Husna yang berlangsung selama sehari bertempat di Puri Agung, Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM ini diikuti sekitar 200 peserta yang sebagian besar merupakan kaum muslimin dan muslimat kota Jakarta dan sekitarnya. Sementara peserta dari daerah lain diantaranya berasal dari Medan, Makassar, Surabaya, Aceh dan Kaltim.

Acara pokok dari kegiatan sehari ini sendiri adalah pelatihan Super Memory Asma’ul Husna (SMASH) dengan menampilkan beberapa pembicara seperti Ketua PP Muhammadiyah Dr Din Syamsudin yang juga Sekretaris Umum MUI Pusat, Pakar Islam Prof Dr Komaroddin Hidayat dengan tema Mengapa Umat Islam Perlu Mengenal Asmaul Husna dan Pakar Ekonomi Syahriah Dr Muhammad Syafii Antonio dengan materi berjudul Etos Kerja Berdasarkan Semangat Asmaul Husna.


Bupati H Syaukani HR saat memberikan sambutannya
Photo: Joe

Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutannya mengatakan, digelarnya kegiatan skala nasional ini merupakan kontribusi dari Pemkab Kukar agar umat muslim mampu mengaplikasikan asma (nama-red) Allah ke dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Ditambahkan Bupati Kukar, metode Asmaul Husna tidak sekedar mengucapkan nama dan sifat Allah dengan lisan, tetapi juga menghendaki pelakunya untuk memikirkan maknanya, merasakan kehadiran makna itu dalam kehidupannya dan menerapkanya dalam sikap serta tindakan sehari-hari.

"Metode ini apabila dijalankan dengan penuh keikhlasan dan kontinyu, tentu akan dapat mentransformasikan akhlak manusia dari al akhlak al mazmumah (akhlak buruk) menjadi al akhlak al karimah (akhlak mulia)," katanya.

Sementara dikatakan Dr Din Syamsuddin, nama-nama Allah bukan lah mantra tetapi sebuah arah spritual yang jelas, yang menuntun setiap orang mencapai keadaan yang tertinggi. Namun diakuinya banyak juga orang yang hanya menjadikan Asmaul Husna sebagai mantra, sehingga tidak tercapai potensi kedalaman jiwanya.


Dr Din Syamsuddin selaku keynote speaker menerima cenderamata dari Bupati H Syaukani HR
Photo: Joe

"Jika demikian, ia hanya terbatas pada tulisan sebuah nama dan suara yang hanya memberikan efek yang terbatas kepada mengheningkan pikiran atau menurunkan frekwensi gelombang otak. Efeknya hampir sama dengan efek yang dirasakan oleh orang yang sedang menonton opera. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman (ma’rifah) Asmaul Husna," demikan katanya.

Kegiatan Seminar dan Silaturahmi Ramadhan Asmaul Husna juga ditandai dengan penyerahan bantuan 100 buah Kitab Suci Al Qur'an berhuruf Braille dari Bupati Kukar kepada salah seorang pengurus Persatuan Qori/Qoriah Tuna Netra Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kukar juga menyerahkan cenderamata kepada para pemateri.

Tampak hadir dalam kegiatan ini diantaranya adalah pimpinan dan anggota DPRD Kukar, Wabup Kukar Drs H Samsuri Aspar MM, serta para mantan pejabat tinggi negara baik di kalangan sipil dan militer yang bermukim di Jakarta.

Kegiatan yang diakhiri dengan buka puasa bersama ini dimeriahkan pula dengan pentas hiburan bernuasa Islam diantaranya fashion show busana muslim, puitisasi oleh Ratih Sanggarwati, dan lagu-lagu Islami oleh Sam Bimbo. (joe)


Para peserta Seminar dan Silaturahmi Ramadhan saat melakukan pendaftaran ulang di lobi Puri Agung Hotel Sahid Jaya
Photo: Joe

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com