Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

YPMB Berikan Penyuluhan Lingkungan
Olah Sampah Rumah Tangga Jadi Kompos

Ketua YPMB Syafrudin ketika memberikan penyuluhan lingkungan kepada ibu-ibu di desa Muara Badak Ulu tadi siang
Ketua YPMB Syafrudin ketika memberikan penyuluhan lingkungan kepada ibu-ibu di desa Muara Badak Ulu tadi siang
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 05/09/2006 22:29 WITA
Upaya menciptakan Muara Badak Bersinar (Bersih, Indah, Aman dan Rapih) kian getol didengungkan oleh Yayasan Peduli Muara Badak (YPMB). Berbekal ilmu yang diperoleh dari mengikuti pelatihan mengenai pengelolaan sampah di Jakarta atas biaya dari BPMIGAS-VICO Indonesia, Syafrudin selaku Ketua YPMB berusaha menularkan ilmunya kepada warga Muara Badak dengan menggelar Penyuluhan Lingkungan untuk Memberdayakan Sampah Rumah Tangga Menjadi Lebih Berguna.

Penyuluhan yang digelar tadi siang berlangsung mulai pukul 14.00 hingga pukul 16.00 WITA di halaman sebuah TK di Dusun Batubatu, Desa Muara Badak Ulu, dan diikuti sedikitnya 60 anggota PKK dan 10 orang anggota kelompok tani. Hadir pula dalam kegiatan ini diantaranya adalah Kepala Desa Muara Badak Ulu, Ketua PKK dan DKR Pramuka Muara Badak dan Eko Sudiro mewakili manajemen VICO Indonesia selaku sponsor kegiatan ini.

Menurut Syafrudin, penyuluhan di Dusun Batubatu ini merupakan untuk yang ke 4 kalinya, setelah yang pertama digelar di RT 24 Desa Badak Baru pada 25 Mei, disusul kemudian di Gedung BPU Muara Badak ulu pada bulan Juli dan RT 30 Desa Badak Baru pada akhir Juli.


Syafrudin mempraktekkan cara mengolah kompos dari sampah rumah tangga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

"Setiap kali mengadakan penyuluhan dibentuk kelompok yang beranggotakan antara 7 sampai 8 orang, hal ini untuk memudahkan koordinasi. Rencananya juga tahun 2007 mendatang akan diadakan lomba membuat kompos cair dan padat serta lomba lingkungan asri yang pesertanya adalah kelompok yang sudah mengikuti penyuluhan ini," jelas pria yang akrab disapa Udin ini.

Dikatakannya, sasaran utama penyuluhan ini adalah ibu-ibu anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang diberi pelatihan mengenai cara membuat kompos cair dan kompos padat. Menurut Udin, upaya ini paling tidak untuk mengajak kaum ibu bagaimana agar bisa mengurangi volume sampah rumah tangga, mengingat YPMB sejak bulan Februari 2006 lalu telah mentasbihkan diri sebagai organisasi yang menggeluti persampahan.

Tercatat setiap 3 kali dalam seminggu atau setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at, anggota YPMB mengangkut sampah warga Muara Badak dengan mengunakan armada Truk Sampah bantuan BPMIGAS-VICO Indonesia ke TPA di Samberah 1 yang berjarak sekitar 15 km dari ibu kota kecamatan Muara Badak.

Dihadapan peserta penyuluhan, Udin secara panjang lebar menjelaskan sekaligus mempraktekkan cara mengolah sampah menjadi kompos cair maupun padat. Disamping berguna untuk menghijaukan dan menyuburkan tanaman di sekitar rumah, kompos cair juga bernilai ekonomis. Sementara kompos padat cukup berkhasiat untuk menggemburkan tanah serta menyehatkan bagian tanaman dibawah tanah.


Anggota DPRD Kukar H Fathur Rachman menyambut baik prakarsa YPMB dalam melakukan penyuluhan pengelolaan sampah rumah tangga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Hal itu sudah dibuktikan dengan pengakuan anggota kelompok Mahkota Dewa, Ny Suyanti (40), warga Gang Sidorejo RT 24 Desa Badak Baru, yang telah mengikuti penyuluhan bulan Mei lalu. Menurut Ny Suyanti, sejak menggunakan pupuk kompos cair, pertumbuhan tanaman bunga kelompoknya ternyata lebih cepat dan kelihatan lebih segar. "Sangat jauh berbeda dengan pupuk yang kami gunakan sebelumnya," ujar ibu yang kini rajin membuat kompos cair di rumahnya tersebut.

Sementara Anggota Komisi I DPRD Kukar H Fathur Rachman yang sengaja datang dari Tenggarong untuk menyaksikan penyuluhan tersebut menyatakan sangat menghargai dan mendukung upaya yang dilakukan YPMB untuk menciptakan Muara Badak 'Bersinar'.

Kegiatan ini merupakan upaya nyata dari YPMB dalam mendukung program Gerbang Dayaku, kita berharap agar bisa terus dibudayakan. Yang utama memang dari unsur insannya dulu harus menyadari bahwa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. "Karena tanggung jawab masalah sampah bukan hanya urusan YPMB tapi tanggungjawab kita bersama," ujarnya.

Fatur juga menyampaikan terima kasih kepada BPMIGAS-VICO Indonesia atas sumbangsihnya terhadap masyarakat Muara Badak khususnya dalam memberikan bantuan truk sampah yang selama ini dipergunakan oleh YPMB. (bas)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Pilkada Kukar 2015: Bakal Calon Kepala Daerah Ikuti Tes Kesehatan
Jalan Desa di Sebulu Ilir Longsor, 5 KK Mengungsi
 
Pasca Libur Lebaran, Pj Bupati Kukar Sidak RSUD AM Parikesit
Luncurkan SIMARI dan Website: RSUD AM Parikesit Canangkan Zona Integritas
 
Handil EXPO HFMF 2015 Siapkan 68 Stan Pameran
Operasi Pasar Disperindagkop Diserbu Warga
 
Satpol PP Gadungan Yang Sempat Buron Akhirnya Ditangkap
Simpan Sabu Dalam Boneka, IRT Asal Kota Bangun Diciduk Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bulan September, Abiel Production Siapkan Festival Fesyen dan Musik di Muara Jawa
Diresmikan Bupati Rita Widyasari: d'Kukar Zona Jadi Wahana Bermain Edutainment Pertama di Kaltim
 
Mahakam International Dragon Boat Festival 2015: Tim Perahu Naga Rusia Raih Emas Nomor Bergengsi
Abdul Rasid Resmi Pimpin PODSI Kaltim
 
Rumah Kampong Kutai Akhirnya Dibongkar
Meriahnya Pesta Panen Mecaq Undat di Tabang
 
Inilah 40 Anggota Paskibraka Kukar Tahun 2015
82 Orang Tak Lulus: Tingkat Kelulusan Siswa SLTA Tahun 2015 Capai 98,95%
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com