Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Komisi E DPRD Jawa Barat Gali Informasi Pendidikan dan Kesehatan dari Kukar

Asisten IV Pemkab Kukar H Basran Yunus (kiri) saat menyerahkan cenderamata kepada Nur Supriyanto dari Komisi E DPRD Jabar
Asisten IV Pemkab Kukar H Basran Yunus (kiri) saat menyerahkan cenderamata kepada Nur Supriyanto dari Komisi E DPRD Jabar
Photo: Rian

KutaiKartanegara.com - 09/08/2006 21:38 WITA
Sebanyak 10 orang anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daearah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang dipimpin Drs Nur Supriyanto MM tadi siang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kedatangan anggota DPRD Jabar ke Kukar ini diterima oleh Asisten IV Pemkab Kukar Bidang Kesra Drs H Basran Yunus MM didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr H Abdurrahman dan Kasubdin Peningkatan Mutu Dinas Pendidikan Kukar Drs H Akhdar Rifa’i MM di Aula Kantor Dinas Kesehatan, Tenggarong.

Menurut pimpinan rombongan DPRD Jabar Drs Nur Supriyanto yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi E DPRD Jabar, tujuan kunjungan kerja ini guna menggali informasi khususnya tentang pelaksanaan pembangunan di sektor kesehatan dan pendidikan. "Karena kami mendengar bahwa Kukar telah mengalokasikan anggaran pendidikannya sebesar 20% dari APBD," katanya.

Sedang di sektor kesehatan, lanjutnya, Kukar juga telah mengembangkan pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas. Menurutnya, kendati antara Kukar dan Jabar memiliki perbedaan status pemerintahan, geografis dan kultur masyarakat yang berbeda, namun komitmen dalam pelayanan dasar kepada masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan patut ditiru.

"Oleh karenanya Komisi E DPRD Jabar merasa perlu menggali informasi terhadap pelaksanaan pemerintahan di Kukar terutama bidang kesehatan dan pendidikan," katanya.

Sementara Asisten IV Pemkab Kukar H Basran Yunus mengungkapkan bahwa anggaran pendidikan di Kukar sebenarnya lebih dari 20 %. "Bahkan hampir mencapai 30%," katanya.

Menurutn Basran Yunus, anggaran bagi sektor pendidikan yang relatif besar karena sesuai dengan komitmen Pemkab Kukar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dimana komitmen ini selaras dengan sasaran utama grand strategy yang tertuang dalam program Gerbang Dayaku Tahap II.

Ditambahkannya pula bahwa besarnya anggaran pendidikan ini sudah termasuk biaya penyediaan dan perbaikan sarana pendidikan serta insentif bagi semua guru sekolah negeri maupun swasta sebesar Rp 750 ribu per bulannya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr H Abdurrahman mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan pelayanan kesehatan gratis bagi warga tidak mampu. "Bahkan bagi pasien kurang mampu, bila harus dirujuk ke Rumah Sakit diluar Kukar, kami akan menanggung biaya transportasi dan pengobatannya. Karena dana untuk membantu keluarga miskin telah tersedia sebesar Rp 35 Milyar," tegasnya.

Sedang Kasubdin Peningkatan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan Kukar Akhdar Rifa’i menjelaskan secara detil tentang pendidikan gratis oleh Pemkab Kukar. "Selain membebaskan biaya SPP mulai dari tingkat SD hingga SLTA, juga diberikan insentif bagi para guru. Dan bagi guru di pedalaman dan wilayah terpencil, Pemkab Kukar memberikan uang insentif lebih besar dibanding guru yang bertugas di kota," jelas Akhdar Rifa'i. (win)


Suasana pertemuan Pemkab Kukar yang dipimpin Asisten IV Basran Yunus dengan rombongan 10 anggota Komisi E DPRD Jabar
Photo: Rian

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com