Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aksi Demo Kecam Malaysia di Kukar

Demonstrasi mengecam Malaysia yang mengklaim wilayah Ambalat di Kantor Bupati Kukar, Selasa  (08/03) siangDemonstrasi mengecam Malaysia yang mengklaim wilayah Ambalat di Kantor Bupati Kukar, Selasa (08/03) siang
Photo: Yanda


KutaiKartanegara.com - 08/03/2005 14:59 WITA
Klaim negeri jiran Malaysia terhadap wilayah Ambalat yang berada di ujung utara provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah meningkatkan ketegangan hubungan antara Indonesia dan Malaysia. Pihak TNI bahkan telah menempatkan kekuatan militernya di wilayah perairan Ambalat untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia terhadap wilayah tersebut.

Pemberitaan yang gencar dari berbagai media tanah air mengundang reaksi sentimen anti-Malaysia di berbagai pelosok Indonesia, tak terkecuali di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong.

Puluhan demonstran dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kukar, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kukar dan Forum Kota (Forkot) Tenggarong tadi siang mendatangi Kantor Bupati Kukar untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya usai melakukan aksi sama didepan Markas Kodim 0906/Tenggarong.

Dalam orasinya, demonstran mengecam pihak Malaysia yang kini mengklaim wilayah Ambalat setelah sebelumnya berhasil merebut pulau Sipadan dan Ligitan dari wilayah NKRI. "Ambalat secara mutlak merupakan bagian dari NKRI, hal ini sesuai dengan kesepakatan yang berpedoman pada Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang telah disetujui PBB," tandas Junaidi dari PMII Kukar.


Assisten III HM Husni Thamrin didampingi Kasi Pembinaan Operasional Satpol PP Kukar Bambang S ketika menerima demonstran
Photo: Agri

Dihadapan Assisten III HM Husni Thamrin, demonstran menyampaikan tiga tuntutannya kepada pemerintah dan TNI. Pertama, TNI harus mempertahankan kedaulatan bangsa dan menindak tegas terhadap ekspansi yang dilakukan Malaysia, bahkan kalau perlu dengan menggunakan kekuatan bersenjata alias perang.

Kedua, menuntut Kodim 0906 dan Pemkab Kukar membuat rekomendasi kepada Pemerintah Republik Indonesia agar menindak tegas tanpa mentolerir terhadap pelanggaran yang dilakukan Pemerintah Malaysia. Dan terakhir, Pemerintah RI secepatnya menyelesaikan permasalahan perbatasan wilayah NKRI agar tidak terulang kembali permasalahan seperti lepasnya Sipadan dan Ligitan.

Assisten I Pemkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM kepada para pengunjukrasa mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia ini. "Apapun bentuk pelanggaran terhadapan kedaulatan NKRI, harus kita pertahankan," tandas HM Husni Thamrin didampingi Kepala Seksi Pembinaan Operasional Satpol PP Kukar Bambang S.

Husni Thamrin berjanji akan meneruskan aspirasi warga Kukar kepada pemerintah pusat dengan mengirimkan rekomendasi dukungan Pemkab Kukar terhadap langkah-langkah penegakan kedaulatan NKRI di wilayah Ambalat.

Usai penyampaian aspirasi serta berdialog dan bertatap muka dengan Assisten III Pemkab Kukar HM Husni Thamrin, para demonstran mengakhiri aksi damainya dan membubarkan diri dengan tertib. (win/nop)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com