Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Syaukani Panen Karet Perdana Bersama Petani Muara Jawa

Bupati H Syaukani HR menyimak penjelasan Kepala Cabang Dinas Perkebunan Muara Jawa seputar pengembangan tanaman karetBupati H Syaukani HR menyimak penjelasan Kepala Cabang Dinas Perkebunan Muara Jawa seputar pengembangan tanaman karet
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv


KutaiKartanegara.com - 25/07/2006 18:51 WITA
Setelah menanti selama 4 tahun, para petani karet yang tergabung dalam Kelompok Tani Rukun Rahayu II, Kecamatan Muara Jawa, tadi siang melakukan panen perdana getah karet. Yang istimewa, panen perdana karet diatas lahan seluas 200 hektar ini dilakukan bersama Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Prof Dr H Syaukani HR MM serta para pejabat Muspida Kukar lainnya.

Panen perdana getah karet ini ditandai dengan penyayatan salah satu batang pohon karet oleh Bupati H Syaukani HR dan pejabat Muspida Kukar disaksikan kepala dinas/instansi Pemkab Kukar, Camat Muara Jawa beserta jajaran dan seluruh anggota kelompok tani.

Dikatakan Kepala Dinas Perkebunan Kukar Ir M Fadli Ardin MM, sejak ditanam hingga dilakukan panen saat ini ternyata membutuhkan waktu kurang lebih empat tahun. Selama waktu itu, petani yang berjumlah sekitar 200 kepala keluarga ini telah bekerja keras memelihara tanaman karet secara intensif.


Dandim 0906/TGR Letkol Inf Hardani Lukitanta Adi bersama Kapolres Kukar AKBP Darmawan Sutawijaya dan Ketua DPRD H Bachtiar Effendi dengan serius memperhatikan pohon karet yang sedang disadap
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv


Bupati Kukar H Syaukani HR bersama Dr Wisnu Broto dari Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian saat menandatangani MoU pengembangnan model pengolahan lada putih dan lada hitam skala UKM
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv

Menurut Fadli Ardin, pembangunan kebun karet milik kelompok tani ini sebelumnya telah mendapat dukungan dana dari bantuan luar negeri melalui proyek OECF pada tahun 2000 lalu.

Ditambahkannya, prospek permintaan komoditi karet setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. "Hal ini sejalan dengan perkembangan dunia otomotif dan rancang bangun perusahaan yang sangat membutuhkan bahan baku karet alam," katanya.

Disamping itu, lanjutnya, terdapat kesesuaian lahan dan kesesuaian agroklimat yang sangat mendukung di wilayah ini serta besarnya minat masyarakat untuk mengembangkan komoditas karet.

Sementara Bupati H Syaukani HR dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya karena dapat melakukan panen karet perdana bersama petani. "Saya merasa haru sekaligus bahagia melakukan panenan ini setelah mengetahui bahwa pohon karet butuh pemeliharaan yang intensif selama bertahun-tahun sebelum memanennya," katanya.

Panen ini merupakan buah dari hasil jerih payah petani selama ini yang patut dibanggakan. "Saya berharap agar ketekunan petani di lingkungan kelompok Tani Rukun Rahayu II Muara Jawa ini dapat ditiru petani lainnya di Kukar," demikian katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati KukarH Syaukani HR menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) dalam pengembangan model pengolahan kebun Lada Putih dan Lada Hitam Skala UKM dengan pihak Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian Deptan RI yang diwakili oleh Dr Wisnu Broto MK. (joe)


Hamparan kebun karet milik Kelompok Tani Rukun Rahayu II yang siap dipanen
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com