Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

LPKK Terapkan Paradigma Baru
Berdayakan Kelompok Kesenian Melalui Pentas Atmosfir Seni

Penampilan kelompok Sanggar Seni Kumala pada penampilan perdana Pentas Atmosfir Seni di ruang tengah Museum Mulawarman, Tenggarong, Minggu (02/07) laluPenampilan kelompok Sanggar Seni Kumala pada penampilan perdana Pentas Atmosfir Seni di ruang tengah Museum Mulawarman, Tenggarong, Minggu (02/07) lalu
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 05/07/2006 23:38 WITA
Setelah terbitnya Keputusan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) No 180.188 tertanggal 8 Januari lalu tentang susunan kepengurusan baru Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai Kartanegara (LPKK) Tenggarong, maka lembaga yang kini dipimpin Drs H Syamsul Khaidir MMPd ini akan menerapkan paradigma baru dalam pembinaan seni dan budaya di Kukar.

Langkah pertama menandai kinerja LPKK Tenggarong menyikapi paradigma barunya adalah dengan melaksanakan PAS atau Pentas Atmosfir Seni (PAS) yang digelar secara kontinyu di obyek wisata yang ada di dalam kota Tenggarong seperti yang telah dilakukan di Museum Mulawarman sejak hari Minggu lalu.

Demikian hal tersebut diungkap Ketua LPKK Tenggarong Syamsul Khaidir dalam jumpa pers yang digelar di gedung LPKK Tenggarong, Selasa (04/07) kemarin.

Dikatakan pimpinan Bina Teater Kutai (Bintek) ini, LPKK yang dipimpinnya ke depan lebih condong diarahkan sebagai institusi pengelola sekaligus fasilitator kelompok seni dan budaya yang tersebar di Kukar.

"Kami tidak akan menjadi institusi praktisi seni, karena hal itu merupakan kerja dari kelompok–kelompok seni dan budaya yang ada di Kukar," katanya.


Melalui Pentas Atmosfir Seni, seluruh kelompok/sanggar seni di Kukar mendapat kesempatan untuk tampil di depan publik secara bergantian
Photo: Agri

Menurutnya, LPKK sebagai pengelola maksudnya adalah memberikan bimbingan dan bantuan manajemen bagi kelompok seni dan budaya yang ada, sedang sebagai fasilitator, LPKK akan bertindak orang tua asuh dari kelompok tersebut. "Baik dalam hal finansial maupun peningkatan kualitas sumberdaya seniman dan budayawan serta sarana yang dibutuhkan," ujarnya.

Yang jelas tugas pokok LPKK Tenggarong ke depan adalah bagaimana mengangkat semua potensi seni budaya Kukar secara konsisten sehingga mampu mendukung grand strategy Pemkab Kukar yang dikemas melalui program Gerbang Dayaku tahap II.

Ditambahkannya pula bahwa seni budaya Kukar sangat beraneka ragam dan corak, tergantung dari upaya pelestarian yang dilakukan setiap etnis yang tumbuh dan berkembang di Kukar.

"Dalam pembinaannya kami tidak akan mengistimewakan salah satu seni budaya yang ada termasuk yang khas Kukar. Karena pada prinsipnya seni budaya itu adalah sama yaitu sama-sama sebagai lambang dari puncak kebudayaan manusia," ujar Syamsul Khaidir.

Menyinggung tentang PAS, Syamsul Khaidir didampingi pengurus LPKK lainnya mengatakan, akan digelar di setiap objek wisata di Tenggarong setiap hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur nasional.

Tujuannya untuk memberikan nuansa lebih pada setiap objek wisata yang di datangi para pengunjung. "Misalnya bagi pengunjung Museum Mulawarman, selain menyaksikan koleksi yang ada juga digelar pertunjukan seni budaya secara langsung," demikian katanya. (joe/win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com