Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gubernur Kaltim: Ciptakan Situasi Kondusif, PNS Harus Netral!

KutaiKartanegara.com - 02/03/2005 21:09 WITA
Banyak hal yang disampaikan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Suwarna Abdul Fatah saat melantik Penjabat Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs Hadi Sutanto di Samarinda, Rabu (02/03) siang. Setidaknya ada 12 pesan dari Gubernur Suwarna yang diamanatkan kepada Hadi Sutanto untuk dijadikan landasan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Pertama, Gubernur berpesan agar Hadi Susanto dapat menghilangkan orientasi birokrasi administrasi yang didominasi dan sangat dipengaruhi oleh pemegang otoritas atau pimpinan. Karena menurut Gubernur, hal ini dapat mengakibatkan segala fasilitas dan kepentingan sering terakumulasi hanya untuk tingkat golongan atau kelompok tertentu saja.

"Kedua, utamakan menyusun perencanaan yang berorientasi kepada kepentingan dan kebutuhan masyarakat banyak, terutama yang tidak berdaya, sehingga tidak muncul sinisme pada birokrasi yang disebut sebagai kapitalisme birokratik," kata Gubernur Kaltim.


Gubernur Kaltim H Suwarna AF
Photo: Agri

Ketiga, Gubernur meminta Hadi Sutanto untuk menciptakan iklim dan suasana yang kondusif pada seluruh jajaran organisasi pemerintahannya, sehingga produktivitas organisasi dapat tercapai. "Tegakkan disiplin dalam segala hal, sehingga kehadiran Saudara bisa membawa perubahan yang cukup berarti bagi masyarakat Kutai Kartanegara," lanjut Suwarna.

Yang keempat, Gubernur berharap agar Pj Bupati Kukar yang baru mampu mendeteksi seluruh aspirasi dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak guna perbaikan kinerja organisasi untuk merespon tuntutan dan tantangan masyarakat yang semakin kompleks dan beragam serta menghindari kebiasaan laporan dari bawahan yang bersifat ABS (Asal Bapak Senang).

"Kelima, bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan lakukan koordinasi dengan KPUD, terutama dalam menyiapkan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung oleh rakyat yang dilaksanakan secara demokratis, berdasarkan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil melalui pemungutan suara," ujar Gubernur lagi.

Pada poin keenam, Gubernur juga meminta Hadi Sutanto untuk segera melakukan koordinasi dengan DPRD dalam hal pembentukan Panitia Pengawas Daerah yang meliputi unsur Polri, Kejaksaan, Perguruan Tinggi, unsur Pers dan tokoh masyarakat.

Ketujuh, Gubernur meminta Pj Bupati Kukar Hadi Sutanto tidak cepat merasa puas dan mudah tersanjung terhadap keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai. Sementara yang kedelapan, Gubernur meminta Hadi Sutanto untuk tidak sungkan-sungkan bertanya maupun berdiskusi kepada berbagai pihak, tidak saja dalam kerangka usaha melibatkan keperansertaan masyarakat tetapi juga untuk menguji apakah yang telah dilaksanakan tersebut telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

Kesembilan, lanjut Gubernur Suwarna, dirinya tidak pernah bosan untuk mengingatkan kepada Penjabat Bupati dan seluruh masyarakat Kukar bahwa keamanan menjadi faktor penentu keberhasilan program pembangunan. Karena itu, peliharalah terus tali silaturrahmi, persatuan dan kesatuan.

"Hilangkan sikap pertentangan dan permusuhan demi mewujudkan situasi yang kondusif, damai dan nyaman sehingga pelaksanaan Pilkada nanti mampu memilih pemimpin secara demokratis yang dapat membawa perubahan menuju masyarakat yang lebih maju, adil dan sejahtera," tandas Gubernur Suwarna.

Kesepuluh, Gubernur juga menitipkan pesannya kepada seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Kukar untuk bersikap netral dan tidak terkotak-kotak. "Karena tugas utama PNS adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai bidang tugas masing-masing," tegas Gubernur Suwarna.

Pada poin kesebelas, Suwarna AF mengingatkan bahwa berdasarkan UU No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah, Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota. "Karena itu, tugas Saudara sebagai Penjabat Bupati Kukar juga akan senantiasa dievaluasi dari waktu ke waktu," kata Gubernur Suwarna AF.

Dan terakhir, Gubernur berpesan kepada Hadi Sutanto untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan niat yang tulus untuk mengemban amanat yang telah diberikan. "Karena tugas dan kewajiban yang Saudara emban harus dipertanggungjawabkan, bukan saja kepada pejabat yang berwenang mengangkat, tetapi secara moral harus Saudara pertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa kelak di kemudian hari," demikian amanat Gubernur Kaltim. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
Kecelakaan Maut di Kutai Lama, Seorang IRT Meninggal Dunia
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com