Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati H Syaukani HR Wakili Indonesia di Forum ILC
Presentasikan Program ZBPA Dihadapan 170 Negara

Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM
Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 23/05/2006 15:41 WITA
Tidak habis-habisnya kiprah dan prestasi Bupati Kutai Kartanegara Prof DR H Syaukani HR MM untuk memajukan daerah dan masyarakatnya agar setara dan sederajat dengan warga dari wilayah lain di Indonesia bahkan dalam skala internasional sekalipun.

Prestasinya kali ini terbilang cukup unik dan spektakuler yaitu dirinya dipercaya pemerintah pusat untuk mewakili Indonesia menghadiri forum International Labour Conference (ILC) yang akan berlangsung 8 Juni mendatang di kota Jenewa Swiss, Eropah Barat.

Forum ILC yang digelar setiap dua tahun sekali oleh badan perburuhan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) atau International Labour Organization (ILO) ini akan dihadiri perwakilan dari 170 negara dari lima benua di dunia. Selain mewakili Indonesia, di forum yang amat bergengsi itu, Prof Syaukani juga akan tampil mempresentasikan program yang telah dicanangkannya sejak tahun 2002 lalu yaitu program Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA).

Syaukani tadi pagi ketika memberikan sambutan pada acara pengukuhan anggota Task Force mengatakan " kepercayaan pemerintah memilih dirinya untuk mewakili sekaligus tampil di tengah forum ILC ini adalah merupakan suatu kehormatan dan penghargaan sekaligus kebanggaan yang tak ternilai harganya. Baik terhadap diri dan keluarga, maupun bagi masyarakat dan daerah saya,” ujarnya.


Dengan Program ZBPA Kukar akan terbebas dari anak yang mengangur dan bekerja pada usia sekolah.
Photo: yanda

Menurutnya kepercayaan ini berkat dukungan semua pihak di Kukar dan masyarakat Kaltim pada umumnya. Menyinggung tentang program ZBPA di Kukar menurutnya program ini telah dideklerasikannya bersama Ketua DPRD H Bahtiar Effendi sejak Nopember 2002 lalu. Bahkan program ZBPA ini sudah dimasukan dalam lembaran Peraturan Daerah (Perda) No 9 tahun 2004. “Pendeklerasiannya disaksikan Menaker RI saat itu Yacoub Nuwa Wea, Gubernur Suwarna AF dan Direktur ILO untuk Indonesia Alan Boulton,” katanya.

Menurutnya diterapkannya ZBPA setelah Indonesia meratifikasi Konvensi ILO No 138 dan no 182, kemudian dijabarkan dalam UU RI no 20/99 dan UU no 1/2000 yang intinya tentang ketentuan usia minimum untuk bekerja. “Dengan demikian ZBPA merupakan salah satu bentuk nyata implementasi dari Konvensi dan UU tadi,” katanya. Dikatakan pula dicanangkannya ZBPA juga sebuah langkah penting dalam sejarah penghapusan pekerjaan untuk anak di Indonesia karena merupakan yang pertama di negara ini bahkan di dunia.

ZBPA menurutnya pula selaras dengan program Gerbang Dayaku yang menjadi grand strategi Pemkab Kukar dalam membangun daerah. “Karena ZBPA memiliki komitmen politik yang kuat tentang pendidikan (Pembangunan SDM), pengembangan ekonomi (Ekonomi Kerakyatan) serta pelayanan sosial (Pengembangan Infrastruktur),” demikan ujarnya.

Dari jadwal tentative Bupati Kukar menyebutkan dalam kesempatannya melawat ke Eropah menghadiri ILC di Jenewa Swiss, Syaukani akan singgah terlebih dahulu di ‘negara kancir angin’ Belanda Selasa (30/5) mendatang untuk bertemu petinggi Waterleadingmaatschappij Drenthe (WMD) membicarakan masalah proyek pembiayaan pembangunan air bersih di Desa Amborawang Darat Kecamatan Samboja Kukar.
(Joe/Nop)


Anak - anak di Kutai Kartanegara harus mengikuti program wajib belajar 12 tahun
Photo:

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com