Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Syaukani Buka Rakerkab III Tim Penggerak PKK Kukar

Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Ketua TP PKK Kukar Ny Hj Dayang Kartini saat menyematkan tanda peserta Rakerkab III PKK Kukar
Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Ketua TP PKK Kukar Ny Hj Dayang Kartini saat menyematkan tanda peserta Rakerkab III PKK Kukar
Photo: Humas Kukar/Noraida

KutaiKartanegara.com - 12/05/2006 18:55 WITA
Peran aktif wanita dalam pembangunan kini telah memasuki dimensi baru yakni adanya kesetaraan gender. Demikian disampaikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Prof Dr H Syaukani HR MM ketika membuka Rapat Kerja Kabupaten III Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kukar Kamis (11/05) kemarin di Tenggarong.

Ditambahkannya, dimensi baru itu hadir seiring dengan pergeseran paradigma pembangunan yang bersifat sentralistis ke arah desentralisasi atau yang lebih dikenal sebagai era otonomi daerah.

"Wanita tidak lagi dipandang sebelah mata, wanita mempunyai potensi dan kemampuan yang sama dengan pria, bahkan mampu melebihinya. Bila saja diberikan ruang dan waktu yang lebih untuk berkarya dan berprestasi layaknya pria," katanya.

Menurut Syaukani, peran wanita dalam pembangunan di Kukar sebenarnya merupakan momentum yang tepat. Terutama dalam memberikan porsi proporsional wanita untuk turut serta dalam program pembangunan berbasis Gerbang Dayaku II yang telah divitalisasi dan diaktualisasikan.

Pembukaan Rakerkab III TP PKK Kukar ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh Bupati Syaukani disaksikan pimpinan DPRD, pejabat Muspida, kepala dinas/instansi serta para pengurus organisasi kewanitaan lainnya.


Suasana kegiatan Rakerkab III TP PKK Kukar yang berlangsung di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar
Photo: Humas Kukar/Noraida

Sementara Ketua TP PKK Kukar Ny Hj Dayang Kartini Syaukani meminta agar Rakerkab III mampu membuat rencana kerja yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Tidak perlu muluk-muluk, namun dapat menjawab semua kebutuhan masyarakat terutama kaum ibu," katanya.

Karena tujuan PKK adalah agar kaum ibu dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya hingga lingkungannya. Dia juga berharap anggota PKK dapat menyikapi isu sentral yang terjadi, seperti kejadian gizi buruk, lumpuh layu dan penyakit menular lainnya yang dapat menyebabkan menurunnya kesehatan masyarakat.

"Terjadinya isu ini dikarenakan PKK selama ini mengabaikan programnya sendiri seperti pembinaan Posyandu dan Tanaman Obat Keluarga (Toga)," katanya.

Ke depan PKK harus mampu merevitalisasi dan mengembangkan serta menghidupkan kembali Posyandu dan Toga serta tanaman pekarangan lainnya, sebagai upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak serta gizi keluarga.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Hj Dayang Sapiah Alwy mengatakan, Rakerkab III TP PKK Kukar yang berlangsung dua hari ini akan memilih pengurus TP PKK Kukar periode 20052010 dan membahas rencana aksi untuk lima tahun kedepan. Rencana aksi yang telah tersusun melalui Rakerkab ini nantinya akan diaplikasikan mulai dari TP PKK dari Tingkat Kabupaten hingga ke Desa/Kelurahan.

"Peserta Rekerkab ini berjumlah 126 orang yang berasal dari pengurus TP PKK Kukar dan Kecamatan. Sebagai narasumber didatangkan dari Bappeda, Bapemas, Tim ZBPA, Dinas Perindagkop, Dikluspora, Dinas Kependudukan dan Capil serta Dinas Kesehatan," demikian ujarnya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com