Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Ratusan Santri TK/TPA se-Tenggarong Seberang Diwisuda Massal

Suasana wisuda santri TK/TPA se-Kecamatan Tenggarong Seberang tadi siangSuasana wisuda santri TK/TPA se-Kecamatan Tenggarong Seberang tadi siang
Photo: Humas Kukar/Noraida


Istri Bupati Kukar Ny Hj Dayang Kartini Syaukani saat mewisuda salah seorang santri
Istri Bupati Kukar Ny Hj Dayang Kartini Syaukani saat mewisuda salah seorang santri
Photo: Humas Kukar/Noraida

KutaiKartanegara.com - 03/05/2006 21:40 WITA
Sebanyak 341 santri Taman Kanak-Kanak (TK)/Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) se-Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tadi siang diwisuda secara massal setelah dinyatakan selesai mengikuti pendidikan Al Qur'an di berbagai unit TK/TPA yang ada di kecamatan tersebut.

Wisuda santri TPA ini dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kukar Ny Hj Dayang Kartini Syaukani ditandai penyerahan sertifikat kelulusan.

Acara wisuda yang dimeriahkan dengan atraksi hiburan persembahan para santri TK/TPA ini dihadiri pula oleh Camat Tenggarong Seberang Drs H Suko Buono, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Badan Kerjasama Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Kaltim Drs Suriansyah Hanafi, tokoh masyarakat setempat serta para orangtua santri.

Menurut Ketua Pelaksana Wisuda TPA se Tenggarong Seberang Drs Sudianto MPd, pelaksanaan wisuda santri TPA se-Tenggarong Seberang ini baru pertama kali dilakukan. "Sebelumnya hanya dilakukan di masing-masing unit TPA yang berjumlah 9 unit yang tersebar di 7 Desa se-Tenggarong Seberang," ungkapnya.

Menurutnya, para wisudawan TPA ini telah menempuh pendidikan Al Qur'an antara 2 hingga 3 tahun. Sedang kendala yang dihadapi selama ini diantaranya adalah minimnya sarana dan prasarana belajar serta honor ustadz dan ustadzah yang ala kadarnya. Sementara antusiasme peserta didik semakin meningkat setiap tahunnya.

"Dalam kesempatan ini kami mohon Pemkab Kukar dan pihak terkait dapat memikirkan bagaimana membantu memberikan penambahan sumbangan dalam bentuk insentif bagi Ustadz/Ustadzah ini," ujarnya.

Sedang Camat Tenggarong Seberang Drs H Suko Buono dalam sambutannya menguraikan bahwa situasi kehidupan beragama di wilayah yang dipimpinnya berjalan sangat kondusif. "Kendati heterogenitas kepercayaan warga di wilayah ini sangat beragam," ujarnya.

Sementara Ketua TP PKK Kukar Ny Hj Dayang Kartini Syaukani yang juga selaku Pembina BKPRMI Kukar menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih para santri. Istri Bupati Kukar ini berharap agar wisuda kali ini lebih memacu untuk memahami isi dan kandungan Al Qur'an.

Ditambahkannya, pengembangan TK/TP Al Qur'an di Kukar sangat pesat sekali. Terbukti dari jumlah tenaga pendidik (ustadz/ustadzah-red) yang sebelumnya baru mencapai sekitar 1.000 orang dan santri lebih dari 13.000 anak, namun dari hasil pendataan akhir tahun 2005 lalu jumlahnya meningkat yakni meningkat pesat menjadi 1.668 tenaga pendidik dan 19.052 santri, dengan 364 unit TK/TPA yang tersebar di 18 Kecamatan se-Kukar.

"Pesatnya perkembangan TK/TPA dan semakin diharapkannya pembinaan oleh BKPRMI, maka wajar jika BKPRMI Kukar ini dijadikan semacam lembaga dinas ataupun instansi. Karena semakin kompleksnya kegiatan dan permasalahan yang harus ditangani seperti kegiatan Ikatan Remaja Masjid (IRMA), Ikatan Remaja Langgar (IRLA), pembinaan keluarga Sakinah hingga TK/TPA," ujarnya.

Ny Hj Dayang Kartini juga meminta BKPRMI tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan agar menyeleksi secara tertib berdirinya TK/TPA baru, termasuk terhadap tenaga pendidiknya. "Karena dengan menjamurnya TK/TPA dikuatirkan nantinya akan mengurangi kualitas peserta didik," katanya.

Menyingung tentang insentif bagi tenaga pendidik TK/TPA, menurut Ny Hj Dayang Kartini, Pemkab Kukar melalui program Gerbang Dayaku sudah berusaha membantu kesejahteraan Ustadz/Ustadzah. "Baru-baru ini DPD BKPRMI Kukar telah menerima bantuan melalui APBD Kukar untuk 1.000 ustadz/ustadzah," demikian katanya.

Turut memberikan sambutan Ketua DPW BKPRMI Kaltim Drs Suriansyah Hanafi. Usai diwisuda, para wisudawan menampilkan kemampuan masing-masing misalnya dari TPA An-Nur Desa Bangun Rejo menampilkan peragaan busana muslim, sedang TPA dari Desa Loa Ulung dan Desa Karang Tunggal menyuguhkan musik dan lagu Rebana. (joe)


Penampilan kesenian oleh para santri salah satu TK/TPA di Tenggarong Seberang turut menyemarakkan jalannya wisuda
Photo: Humas Kukar/Noraida

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com