Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kecewa, Namun Tetap Terima Pjs Bupati yang Baru

Suasana aksi unjukrasa massa KADK di DPRD Kukar, Senin (28/02) siang
Suasana aksi unjukrasa massa KADK di DPRD Kukar, Senin (28/02) siang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 28/02/2005 19:57 WITA
Ratusan demonstran dari Kelompok Aksi Damai Kutai Kartanegara (KADK) melakukan aksi unjukrasa di gedung DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (28/02) siang. Dalam aksi damainya tadi siang, kelompok ini menyampaikan pernyataan sikap terkait dengan terbitnya SK Mendagri No 131.44-93 Tahun 2005 mengenai pemberhentian H Awang Dharma Bakti dan pengangkatan Drs Hadi Sutanto sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kukar.

Dalam orasinya di hadapan Ketua Komisi I DPRD Kukar Ir Marten Apuy dan Wakil Ketua I Made Sarwa, La Ode Mustari menyatakan bahwa pihaknya merasa sedikit kecewa dengan hasil revisi SK Mendagri tersebut karena pengangkatan Pjs Bupati Kukar yang baru adalah orang yang tidak kenal atau tidak dikenal Kukar.

"Kami juga kecewa karena anggota DPRD Kukar yang berjuang untuk melakukan revisi SK Mendagri ternyata tidak konsisten. Hal ini terbukti dengan membiarkan orang luar menduduki posisi yang seharusnya diduduki putra daerah. Jika mereka konsisten sudah seharusnya yang menduduki posisi Pjs Bupati Kukar adalah HM Husni Thamrin atau H Basran Yunus seperti yang telah diusulkan selama ini," tandasnya.

Ditambahkan La Ode Mustari, pihaknya tidak bermaksud untuk mempermasalahkan SK Mendagri tersebut bahkan lebih dari itu pihaknya menyatakan menerima Pjs Bupati Kukar Kol (purn) Hadi Sutanto sebagai keputusan Pemerintah Pusat yang sah. "Namun kami menuntut tanggungjawab aparat pemerintahan untuk melakukan tugas dan tanggungjawabnya kedepan untuk menjalankan kewajibannya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat serta tidak ikut terlibat dalam politik praktis seperti yang selama ini terjadi di Kukar," katanya lagi.

Pihak KADK juga berharap kepada Pjs Bupati Kukar yang baru untuk dapat melakukan konsolidasi di lingkungan Pemkab Kukar dan menindak aparat pemerintahan yang selama ini telah meninggalkan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelayan masyarakat serta segera melakukan persiapan Pemilihan Kepala Daerah dalam waktu dekat. Dalam orasinya, La Ode Mustari juga menyerukan kepada DPRD Kukar untuk segera membahas RAPBD Kukar tahun 2005 demi kepentingan masyarakat.

Menanggapi pernyataan sikap KADK, I Made Sarwa didampingi Marten Apuy mengatakan penjabat Bupati Kukar yang baru sesuai revisi SK Mendagri merupakan keputusan Mendagri terbaik yang dapat diterima, oleh sebab itu semua masyarakat Kukar harus dapat menerima yang bersangkutan.

"Yang jelas Bupati Kukar yang baru hanya bertugas tidak lebih selama 4 bulan. Yang perlu kita lakukan saat ini adalah mempersiapkan Pilkada dengan sebaik-baiknya. Saat pilkada nanti, pilihlah pemimpin yang sesuai dengan hati nurani saudara-saudara," katanya.

Menyinggung pembahasan RAPBD Kukar 2005, I Made Sarwa mengatakan bahwa pihak DPRD Kukar siap membahasnya. "Mudah-mudahan Senin (07/03) mendatang, Nota Penjelasan RAPBD 2005 sudah dapat disampaikan Pjs Bupati Kukar di hadapan anggota dewan," ujarnya.

Setelah menyampaikan aspirasinya serta berdialog dengan anggota DPRD Kukar, ratusan massa KADK mengakhiri aksi damainya dan meninggalkan gedung DPRD Kukar dengan tertib. (win/joe/nop)


I Made Sarwa (tengah) meminta masyarakat Kukar menerima Pjs Bupati yang baru, karena merupakan keputusan yang terbaik dari Mendagri
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
PS TIRA 0-0 Mitra Kukar: Gerri Tampil Gemilang, Naga Mekes Bawa Pulang Satu Poin
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com