Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gebyar Maulid Warga RT XV Timbau Berakhir Meriah

Ketua RT XV Timbau Drs M Ahyar Fahlevi (kanan) saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Gebyar Maulid 1427 H
Ketua RT XV Timbau Drs M Ahyar Fahlevi (kanan) saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Gebyar Maulid 1427 H
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 10/04/2006 19:14 WITA
Pelaksanaan Gebyar Maulid 1427 Hijriah yang berlangsung selama 3 hari di lingkungan Rukun Tetangga (RT) XV Keluruhan Timbau, Tenggarong, berakhir dengan meriah Minggu (09/04) malam.

Selain ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang tiga jenis lomba yang dipertandingkan, puncak acara Gebyar Maulid di RT XV ini dimeriahkan pula dengan hiburan musik band dan diakhiri penyampaian hikmah Maulid oleh Ustadz Djazuli dari Pondok Pasantren Al-Kautsar Tenggarong.

Ketiga jenis pertandingan yang dilombakan dalam Gebyar Maulid di lingkungan RT XV ditujukan bagi anak anak pelajar Taman Pemdidikan Al Qur'an (TPA) di lingkungan perumahan Korpri Rapak Mahang, Timbau.

Dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Gebyar Maulid, Drs Surya Alam, dari lomba yang dipertandingkan itu diikuti 41 anak TPA masing-masing lomba Adzan, lomba membawakan lagu-lagu Islami dan lomba membaca surat-surat pendek (Juz Amma) Al Qur'an.

Keluar sebagai juara untuk jenis Lomba Adzan adalah Mohammad Fatullah dari RT XV, Mohammad Arga Novian (RT XV) dan Ari Maulana (RT XVII). Sedang untuk lomba pembacaan surat-surat Juz Amma, Juara I kategori Putra diraih Bintoro Prabowo dari RT XI, Aria Toma (RT XII) dan Nahrul Hayat (RT XV). Sedangkan di bagian Putri, Juara I hingga III masing-masing diraih oleh Rachmi Maulida (RT XIII), Hana Lintang (RT XV) dan Aji Shinta (RT X).


Ustadz Djazuli ketika menyampaikan hikmah maulid ditengah-tengah warga perumahan Rapak Mahang, Kelurahan Timbau, Tenggarong
Photo: Joe

Sementara untuk lomba menyanyikan lagu-lagu Islami, Juara I kategori putra disabet Riki dari RT XV, Febrian (RT XIII) selaku Juara II dan Wildan (RT XIV) sebagai Juara III. Sedang di bagian putri, juara I hingga III masing-masing diraih oleh Dina Raudatul Jannah dari RT XV, Resty (RT XIV) dan Rachma Indah (RT XI). Para pemenang ketiga jenis lomba selain mendapatkan uang pembinaan juga menerima piagam penghargaan dan hadiah berupa jam dinding.

Sementara dalam penyampaian hikmah Maulid, Ustadz Djazuli mengatakan bahwa pelaksanaan peringatan maulid atau peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW baru dikenal setelah abad ke-3 Hijriah. "Atau 300 tahun setelah Rasulullah wafat," paparnya.

Menurutnya, peringatan maulid termasuk Bid’ah Hasanah atau sesuatu yang dilarang agama, namun memiliki makna positif dan mengandung nilai-nilai kebaikan. Makna positif dan nilai-nilai kebaikan di dalam memperingati Maulid ini diantaranya adalah memberikan motivasi kepada umat untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan atau Fastabaqul Khairat.

"Karena didalam memperingati Maulid ini terkandung didalamnya nilai-nilai ibadah. Dan ibadah itu sendiri sangat dianjurkan untuk dikerjakan," ujarnya.

Dikatakannya pula, kelahiran Nabi Muhammad ke dunia merupakan syiar Allah yang paling besar yang pernah diberikan kepada makhluk ciptaanNya. Seperti disebutkan dalam Al Qur'an bahwa sosok Nabi Muhammad merupakan Rakhmat Tuhan bagi sekalian alam dan seluruh isinya ini.

Djazuli berharap agar umat Islam yang mendapatkan rakhmat Islam dari Tuhan hendaknya jangan melupakan Nabi Muhammad SAW. "Untuk selalu ingat dengan Nabi maka teladanilah serta ikuti perintahnya," ujarnya.

Sementara dikatakan Ketua RT XV Drs Ahyar Fahlevi, pelaksanaan Gebyar Maulid selain untuk memeriahkan peringatan Maulid tahun ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti yang tertuang dalam Gerbang Dayaku Tahap II, khususnya di bidang kerohanian. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com