Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Rombongan DPRD dari 3 Pulau Berkunjung ke Kukar

Sekkab Kukar HM Husni Thamrin menyerahkan cenderamata kepada Ketua DPRD Kota Sawahlunto H Erizal Ridwan
Sekkab Kukar HM Husni Thamrin menyerahkan cenderamata kepada Ketua DPRD Kota Sawahlunto H Erizal Ridwan
Photo: Humas Kukar/Ida

KutaiKartanegara.com - 04/04/2006 16:45 WITA
Dengan maksud dan tujuan yang saling berbeda, 3 rombongan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari tiga pulau secara bersamaan mengunjungi Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Rombongan tersebut masing-masing adalah dari DPRD Kabupaten Cianjur (Jawa Barat), DPRD Kabupaten Lombok Barat (NTB) dan DPRD Kota Sawahlunto (Sumbar).

Ketiga rombongan anggota legislatif itu diterima sekaligus oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Drs HM Husni Thamrin MM tadi pagi di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Rombongan DPRD Kabupaten Cianjur beranggotakan 15 orang, 11 diantaranya anggota dewan dari Komisi I, dipimpin langsung sang Ketua DPRD H Ade Barkah Surachman.

Sedang DPRD Kota Sawahlunto beranggotakan 23 orang terdiri dari anggota komisi A dan C juga dipimpin pimpinan dewan H Erizal Ridwan BE. Sementara H Takdir Mardi memimpin rombongan 3 anggota DPRD Lombok Barat.


Ketua DPRD Kabupaten Cianjur H Ade Barkah Surachman ketika mengutarakan maksud dan tujuannya mengunjungi Kukar
Photo: Joe

Dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Cianjur H Ade Barkah Surachman, kunjungan sehari ke Kukar ini selain dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi juga untuk menimba pengalaman di bidang penyelenggaraan pemerintahan secara umum di Kukar sesuai dengan bidang tugas anggota Komisi I DPRD Cianjur.

Menurutnya, Cianjur yang terdiri dari 30 Kecamatan dengan 340 Desa dan 60 Kelurahan memiliki potensi besar dibidang agribisnis dan sektor kepariwisataan. "Kawasan wisata Puncak Pass merupakan andalan wisata Cianjur dalam menghimpun dana PAD, sedang untuk agribisnis dan satu-satunya hanya ada di Cianjur adalah beras Pandan Wangi," katanya.

Sementara Ketua DPRD Lombok Barat H Takdir Mardi mengatakan, kunjungan ke Kukar untuk mendalami masalah pengelolaan pertambangan umum khususnya dalam menunjang penerimaan asli daerah (PAD). Disamping ingin mengetahui penyelenggaran kesehatan khususnya kinerja Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kukar.

Ditambahkannya, luas wilayah Lombok Barat mencapai 1.600 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 663.789 jiwa. "Andalan Lombok Barat menghimpun PAD melalui sektor pariwisata yaitu dengan menjual potensi objek wisata pantai Senggigi, ujarnya.


Para tamu dari 3 daerah dengan serius menyimak pemaparan yang disampaikkan Sekkab Kukar
Photo: Joe

Serupa dengan tujuan rombongan DPRD Cianjur, Ketua DPRD Kota Sawahlunto H Erizal Ridwan BE mengatakan, manajemen pelayanan pemerintahan di Kukar menjadi objek perhatian rombongannya.

Menurut Erizal, kota Sawahlunto dengan penduduk 53.435 jiwa adalah kota tua namun tidak banyak dikenal masyarakat Indonesia. Di jaman kolonial Belanda, kota ini juga disebut Kota Tambang karena memiliki sumber daya alam batubara yang terkenal sejak abad ke-18.

"Namun kini batubara di Sawahlunto tidak potensial secara ekonomis untuk dikelola karena potensinya sudah habis. Ke depan kota Sawahlunto akan memfokuskan pada pembangunan sektor Perkebunan dan Peternakan," katanya.

Sementara Sekkab Kukar HM Husni Thamrin mengatakan, pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kukar dilandasi pada suatu program unggulan yang disebut Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku).

Program ini kini memasuki tahap II dengan visi dan misi utamanya yaitu menjalankan pemerintahan yang baik dan bersih serta pemberdayaan ekonomi masyarakat perdesaan. "Program ini merupakan payung dari segala sistem pelaksanaan dan kebijakan pemerintahan di Kukar," demikian ungkapnya.

Usai pertemuan dilakukan saling tukar menukar cenderamata berupa lambang masing-masing daerah. Disaksikan para ketua Komisi DPRD serta Kepala dinas/instansi Pemkab Kukar lainnya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com