Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sanggar Seni Kumala Geber Pagelaran Kesenian Rakyat

Penampilan para penari Sanggar Seni Kumala yang membawakan Tari Jepen PergaulanPenampilan para penari Sanggar Seni Kumala yang membawakan Tari Jepen Pergaulan
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 24/03/2006 14:44 WITA
Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-5, Sanggar Seni Kumala Tenggarong menggelar event musik dan tari bertajuk Pagelaran Kesenian Rakyat 2006 dengan memperlombakan Musik Tingkilan, Tari Jepen, Tari Melayu hingga Band Lagu Daerah Kutai.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (23-25 Maret) ini secara resmi dibuka tadi malam (23/03) oleh Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) M Indra SE MM yang ditandai dengan pemukulan alat perkusi.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Jemmy Satliawan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan kesenian rakyat Kutai dalam rangka regenerasi pelaku seni di Kukar, khususnya guna mendukung program Gerbang Dayaku Tahap II di bidang pariwisata.

"Ada pun para peserta kegiatan ini adalah grup-grup atau perkumpulan seni musik maupun tari yang berasal dari Tenggarong dan sekitarnya. Untuk Parade Band Lagu Daerah diikuti 17 grup, Tari Jepen 10 grup, Musik Tingkilan 6 grup dan Tari Melayu 3 grup," jelas Jemmy Satliawan.


Aksi gitaris dan basis The Jakers Band yang enerjik
Photo: Agri

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kukar M Indra dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh diselenggarakannya event kesenian yang mengangkat budaya Kutai seperti yang digarap Sanggar Seni Kumala.

"Dengan dicanangkannya tekad Kukar sebagai daerah tujuan wisata utama di Kalimantan, Pemkab Kukar akan mencoba mendorong semaksimal mungkin bagi tumbuh dan berkembangnya kesenian seperti ini," ujar Indra.

Di era globalisasi saat ini, lanjut Indra, seni budaya daerah telah tertindas atau terdegradasi dan bahkan terancam punah oleh derasnya kesenian bangsa luar yang masuk ke tanah air.

Ditambahkan Indra, melalui event seperti ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan di hati generasi muda untuk melestarikan dan mengimplementasikan warisan seni budaya Kutai.

"Karena warisan seni budaya Kutai sebenarnya tidak kalah menarik dengan kesenian modern. Yang penting kita selalu eksis dalam mengapresiasi kesenian daerah kepada khalayak ramai," pesan Indra.

Pembukaan Pagelaran Kesenian Rakyat 2006 tadi malam dimeriahkan pula dengan penampilan para musisi senior Tenggarong yang membawakan tembang-tembang nostalgia, persembahan Tari Jepen Pergaulan oleh para penari Sanggar Seni Kumala serta penampilan band cilik The Jakers Band.

Ratusan warga Tenggarong tampak antusias menyaksikan acara yang digelar di tepian Mahakam Jalan Jenderal Sudirman ini. Apalagi saat The Jakers tampil membawakan lagu pop daerah Kutai yang ngetop di tahun 1980an bertajuk Jaja'ku Penyek dengan iringan musik hingar-bingar. (win)


Pada pembukaan Pagelaran Seni Rakyat 2006, Jakers Band tampil menghibur dengan lagu ciptaan sendiri serta lagu pop daerah Kutai yang telah diaransemen ulang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Erau 2018: Putra Mahkota Kesultanan Kutai Laksanakan Adat Beluluh
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com