Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Kukar Panen Raya di Desa Loh Sumber

Bupati Kukar H Syaukani HR (kiri), Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, Kapt Tarmuji dari Kodim 0906/TGR dan Camat Loa Kulu Edy Supiani mengangkat potongan padi menandai dimulainya panen raya di Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kamis (09/03) kemaBupati Kukar H Syaukani HR (kiri), Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, Kapt Tarmuji dari Kodim 0906/TGR dan Camat Loa Kulu Edy Supiani mengangkat potongan padi menandai dimulainya panen raya di Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kamis (09/03) kema
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 10/03/2006 07:39 WITA
Menandai dimulainya panen raya padi sawah di Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Prof Dr H Syaukani HR MM Kamis (09/03) kemarin secara simbolis melakukan pemotongan padi bersama Ketua DPRD H Bachtiar Effendi, pejabat Muspida Kukar serta Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kukar Ir H Hairul Anwar Yusuf.

Panen padi varietas Ciherang yang dilakukan di atas lahan seluas 130 hektare milik para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sari Rezeki ini diperkirakan mampu menghasilkan gabah kering giling (GKG) sebanyak 871 ton atau 6,7 ton per ha. "Dengan demikian, hasil ini lebih tinggi dibanding rata-rata produktivitas Kabupaten Kukar yang mencapai 4,4 ton per ha atau 4,3 ton per ha untuk Kaltim," ujar Hairul.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kukar H Hairul Anwar Yusuf, pihaknya menargetkan pada musim 2005/2006 ini Kukar mampu melaksanakan panen padi di atas lahan seluas 18.700 ha.


Bupati H Syaukani HR didampingi Ketua DPRD H Bachtiar Effendi memotong tumpeng yang kemudian diberikan kepada Ketua Kelompok Tani Sari Rezeki, Karjo (kiri)
Photo: Agri

Dalam kesempatan tersebut Kadis Pertanian atas nama petani menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan Bupati Kukar dan beberapa pihak dalam menanggulangi serangan hama wereng di 9 sentra produksi padi beberapa lalu.

"Alhamdulillah serangan wereng tersebut dapat dikendalikan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar dan para petani masih bisa panen tahun ini," ujarnya.

Ditambahkan Hairul, dari 1.342 ha sawah yang terserang hama wereng punggung putih, 269,9 ha sawah bisa ditekan penurunan hasilnya dan hanya 3,5 ha yang tidak dapat diselamatkan karena rusak berat. "Ketika serangan hama wereng melanda, telah dibagikan sebanyak 1,4 ton pestisida dari berbagai merk secara cuma-cuma, sehingga sebagian besar sawah dapat terselamatkan," katanya.


Bupati Kukar H Syaukani HR ketika menyampaikan sambutannya
Photo: Agri

Sementara Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dalam sambutannya mengatakan, sub sektor pertanian tanaman pangan memiliki peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional dan regional.

Ditambahkan Syaukani, Pemkab Kukar melalui program Gerbang Dayaku Tahap II saat ini terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian tanaman pangan dengan mempercepat modernisasi yakni melalui pengembangan mekanisasi pertanian.

Bupati Kukar juga berharap agar para petani di Kukar mampu meningkatkan produksinya demi mencapai kesejahteraan. Untuk itu, Syaukani memsilakan para petani untuk menggarap lahan-lahan tidur untuk mengembangkan komoditi lain seperti kepala sawit dan tanaman jarak.

Dimulainya panen raya di desa Loh Sumber kemarin siang juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati H Syaukani HR yang kemudian diserahkan kepada Ketua Kelompok Tani Sari Rezeki, Karjo. Serta penyerahan bantuan mesin perontok padi kepada 3 kelompok tani di Kecamatan Loa Kulu. (win/nop)


Hamparan padi sawah seluas 130 ha yang dipanen kemarin diperkirakan mampu menghasilkan 871 ton gabah kering giling
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com