Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga Marang Kayu Antusias Ikuti PIN Tahap IV

Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti didampingi pimpinan Puskesmas Marang Kayu dr Ruddy Kondoy ketika memberikan vaksin polio kepada Indah Desi Aulia yang digendong neneknya
Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti didampingi pimpinan Puskesmas Marang Kayu dr Ruddy Kondoy ketika memberikan vaksin polio kepada Indah Desi Aulia yang digendong neneknya
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 28/02/2006 22:10 WITA
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahap IV secara serentak digelar di seluruh pelosok tanah air sejak Senin (27/02) kemarin. Tak terkecuali di Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Meski kegiatan PIN baru dimulakan pada pukul 09.00 WITA, namun warga Marang Kayu dengan antusias sudah berbondong-bondong menuju tempat pemberian vaksinasi polio gratis sejak pukul 07.30 WITA.


Seperti yang tampak kemarin pagi di halaman Puskemas Marang Kayu, Desa Sebuntal, yang menjadi pusat pelaksanaan PIN tahap IV tingkat Kecamatan Marang Kayu. Suasana Puskesmas tampak begitu ramai oleh canda tawa anak-anak balita. Ada yang masih digendong sang ibu, ada pula yang diantar oleh sang ayah bahkan oleh kakek-neneknya.


Dimulainya pelaksanaan PIN tahap IV di kecamatan Marang Kayu ditandai dengan pemberian vaksinasi polio oleh Camat Dra Hj Yuni Astuti MM kepada salah seorang balita bernama Indah Desi Auliya (10 bulan) yang digendong oleh sang nenek bernama Toriyulin (52), warga RT 15 Citra sekitar 8 km dari Puskesmas.



Camat Hj Yuni Astuti memberikan vaksin polio kepada seorang balita dibantu Eko Sudiro dari BPMIGAS-VICO Indonesia yang disaksikan pula oleh Kapolsek Marang Kayu
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Secara perlahan Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti didampingi Pimpinan Puskesmas Marangkayu dr Ruddy Kondoy memberikan 3 tetesan vaksin polio kepada bocah yang saat ini diasuh oleh neneknya karena sang ibu berkerja di Taiwan sebagai TKW. Selanjutnya, secara bergantian dr Ruddy, Kapolsek Marang Kayu dan Eko Sudiro yang mewakili BPMIGAS-VICO Indonesia memberikan tetesan vaksin polio kepada beberapa balita yang kemudian dilanjutkan oleh para Juru Imunisasi (jurim).


Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti dalam sambutannya mengatakan, untuk menuju Indonesia Sehat tahun 2010 maka setiap balita yang berada di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Marang Kayu harus mengikuti PIN. Karena menurutnya, balita tidak bisa dinyatakan kebal terhadap polio sebelum mendapatkan vaksin polio.


Hal ini juga sejalan dengan program pemkab menuju Kukar Sehat tahun 2008. Untuk itu, Camat menghimbau segenap warga Marang Kayu agar membawa balitanya ke Puskesmas, Posyandu maupun Puskesmas Pembantu (Pusban) terdekat untuk mendapatkan vaksinasi polio secara cuma-cuma.



Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti saat memberikan sambutannya pada pelaksanaan PIN tahap IV
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Sementara menurut pimpinan Puskesmas Marang Kayu dr Ruddy Kondoy, kegiatan PIN bertujuan untuk memutus rantai virus polio liar dan membasminya secara tuntas. "Kami sangat bersyukur dengan banyaknya peserta yang datang pagi ini (kemarin-red)," ujar dr Ruddy.


Berdasarkan data, lanjutnya, pelaksanaan PIN tahap I di Kecamatan Marang Kayu pada 1 Agustus 2005 silam diikuti oleh 1.904 balita. Kemudian pada PIN tahap II bulan September 2005, peserta mencapai 1.989 balita. Sedangkan PIN tahap III bulan November 2005 hanya diikuti 1.862 balita.


"Terjadinya penurunan pada PIN tahap III dikarenakan musim hujan yang masih berjalan sehingga ada daerah di Santan yang sangat sulit dijangkau bahkan dengan sepeda motor, karena jalan menuju lokasi tenggelam," ungkapnya


Namun untuk PIN tahap IV, pihaknya optimis bisa mencapai target sebanyak 2.030 balita. "Untuk itu, kami juga menyiapkan 21 Posyandu dan 9 Pusban yang didukung oleh 105 kader," kata dr Ruddy.


Dia juga menyampaikan terima kasih kepada BPMIGAS-VICO Indonesia yang telah memberikan bantuan berupa 160 lembar kaos untuk para kader dan tim medis lainnya sehingga dalam kegiatan PIN IV ini bisa tampil beda. (bas)


Suasana pendaftaran PIN tahap IV di halaman Puskesmas Marang Kayu, Senin (27/02) kemarin
Photo: VICO Indonesia/Bastian



Baca Juga:
Kukar Lakukan PIN Putaran IV (27/02/2006)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com