Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga Marang Kayu Antusias Ikuti PIN Tahap IV

Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti didampingi pimpinan Puskesmas Marang Kayu dr Ruddy Kondoy ketika memberikan vaksin polio kepada Indah Desi Aulia yang digendong neneknya
Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti didampingi pimpinan Puskesmas Marang Kayu dr Ruddy Kondoy ketika memberikan vaksin polio kepada Indah Desi Aulia yang digendong neneknya
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 28/02/2006 22:10 WITA
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahap IV secara serentak digelar di seluruh pelosok tanah air sejak Senin (27/02) kemarin. Tak terkecuali di Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Meski kegiatan PIN baru dimulakan pada pukul 09.00 WITA, namun warga Marang Kayu dengan antusias sudah berbondong-bondong menuju tempat pemberian vaksinasi polio gratis sejak pukul 07.30 WITA.


Seperti yang tampak kemarin pagi di halaman Puskemas Marang Kayu, Desa Sebuntal, yang menjadi pusat pelaksanaan PIN tahap IV tingkat Kecamatan Marang Kayu. Suasana Puskesmas tampak begitu ramai oleh canda tawa anak-anak balita. Ada yang masih digendong sang ibu, ada pula yang diantar oleh sang ayah bahkan oleh kakek-neneknya.


Dimulainya pelaksanaan PIN tahap IV di kecamatan Marang Kayu ditandai dengan pemberian vaksinasi polio oleh Camat Dra Hj Yuni Astuti MM kepada salah seorang balita bernama Indah Desi Auliya (10 bulan) yang digendong oleh sang nenek bernama Toriyulin (52), warga RT 15 Citra sekitar 8 km dari Puskesmas.



Camat Hj Yuni Astuti memberikan vaksin polio kepada seorang balita dibantu Eko Sudiro dari BPMIGAS-VICO Indonesia yang disaksikan pula oleh Kapolsek Marang Kayu
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Secara perlahan Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti didampingi Pimpinan Puskesmas Marangkayu dr Ruddy Kondoy memberikan 3 tetesan vaksin polio kepada bocah yang saat ini diasuh oleh neneknya karena sang ibu berkerja di Taiwan sebagai TKW. Selanjutnya, secara bergantian dr Ruddy, Kapolsek Marang Kayu dan Eko Sudiro yang mewakili BPMIGAS-VICO Indonesia memberikan tetesan vaksin polio kepada beberapa balita yang kemudian dilanjutkan oleh para Juru Imunisasi (jurim).


Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti dalam sambutannya mengatakan, untuk menuju Indonesia Sehat tahun 2010 maka setiap balita yang berada di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Marang Kayu harus mengikuti PIN. Karena menurutnya, balita tidak bisa dinyatakan kebal terhadap polio sebelum mendapatkan vaksin polio.


Hal ini juga sejalan dengan program pemkab menuju Kukar Sehat tahun 2008. Untuk itu, Camat menghimbau segenap warga Marang Kayu agar membawa balitanya ke Puskesmas, Posyandu maupun Puskesmas Pembantu (Pusban) terdekat untuk mendapatkan vaksinasi polio secara cuma-cuma.



Camat Marang Kayu Hj Yuni Astuti saat memberikan sambutannya pada pelaksanaan PIN tahap IV
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Sementara menurut pimpinan Puskesmas Marang Kayu dr Ruddy Kondoy, kegiatan PIN bertujuan untuk memutus rantai virus polio liar dan membasminya secara tuntas. "Kami sangat bersyukur dengan banyaknya peserta yang datang pagi ini (kemarin-red)," ujar dr Ruddy.


Berdasarkan data, lanjutnya, pelaksanaan PIN tahap I di Kecamatan Marang Kayu pada 1 Agustus 2005 silam diikuti oleh 1.904 balita. Kemudian pada PIN tahap II bulan September 2005, peserta mencapai 1.989 balita. Sedangkan PIN tahap III bulan November 2005 hanya diikuti 1.862 balita.


"Terjadinya penurunan pada PIN tahap III dikarenakan musim hujan yang masih berjalan sehingga ada daerah di Santan yang sangat sulit dijangkau bahkan dengan sepeda motor, karena jalan menuju lokasi tenggelam," ungkapnya


Namun untuk PIN tahap IV, pihaknya optimis bisa mencapai target sebanyak 2.030 balita. "Untuk itu, kami juga menyiapkan 21 Posyandu dan 9 Pusban yang didukung oleh 105 kader," kata dr Ruddy.


Dia juga menyampaikan terima kasih kepada BPMIGAS-VICO Indonesia yang telah memberikan bantuan berupa 160 lembar kaos untuk para kader dan tim medis lainnya sehingga dalam kegiatan PIN IV ini bisa tampil beda. (bas)


Suasana pendaftaran PIN tahap IV di halaman Puskesmas Marang Kayu, Senin (27/02) kemarin
Photo: VICO Indonesia/Bastian



Baca Juga:
Kukar Lakukan PIN Putaran IV (27/02/2006)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com